Pengembangan media pembelajaran bebasis autoplay media studio 8 pada mata pelajaran marketing (studi pada kompetensi dasar menerapkan strategi pemasaran barang dan jasa kelas X bisnis daring dan pemasaran SMK Negeri 2 Blitar) / Dewi Ayu Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran bebasis autoplay media studio 8 pada mata pelajaran marketing (studi pada kompetensi dasar menerapkan strategi pemasaran barang dan jasa kelas X bisnis daring dan pemasaran SMK Negeri 2 Blitar) / Dewi Ayu Utami

Utami, Dewi Ayu (2020) Pengembangan media pembelajaran bebasis autoplay media studio 8 pada mata pelajaran marketing (studi pada kompetensi dasar menerapkan strategi pemasaran barang dan jasa kelas X bisnis daring dan pemasaran SMK Negeri 2 Blitar) / Dewi Ayu Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Utami Dewi Ayu. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Autoplay Media Studio 8 Pada Mata Pelajaran Marketing (Studi Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Strategi Pemasaran Barang dan Jasa Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 2 Blitar). Skripsi. Jurusan Managemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si Kata Kunci Media Pembelajaran Autoplay Media Studio 8 Software Autoplay Media Studio 8 dapat dijadikan salah satu alternatif pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia dengan mengintegrasikan berbagai tipe media misalnya seperti gambar suara video teks dan flash kedalam suatu presentasi. Pada penelitian ini fokus pada mengembangkan media untuk mata pelajaran Marketing. Dengan kompetensi yang harus dicapai tantangannya adalah bagaimana siswa dapat memahami materi secara baik kemudian bagaimana seorang guru dapat memanfaatkan media yang tepat dan benar untuk menunjang pembelajaran. Perlu adanya media pembelajaran yang dapat mendukung terwujudnya suatu pembelajaran yang interaktif sehingga dapat membantu guru mempermudah dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa dan dapat mengahadirkan dunia nyata ke dalam kelas pada Mata Pelajaran Marketing. Metode penelitian yang digunakan yakni Reseacrh and Development (R amp D) yang lebih kita kenal dengan istilah Penelitian pendidikan dan pengembangan. Langkah-langkah dalam penelitian dan pengembangan ini terdiri dari 10 langkah antara lainnya (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakain (9) revisi produk (10) produk masal. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Angket validasi dengan menggunakan skala likert dalam menganalisa hasil. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian yakni hasil angket uji coba produk dan uji coba pemakaian yang menghasilkan persentase rata-rata sebesar 89 6% yang berarti sangat bai yang secara umum respon dari siswa menunjukkan hasil positif bahwa siswa tertarik dan mengatakan media pembelajaran sangat bagus dan menarik bisa membuat lebih paham akan materi yang disampaikan. Media pembelajaran berbasis Autoplay Media Studio 8 yang telah dikembangkan oleh peneliti dinyatakan sangat valid. Hal ini dapat dilihat dari hasil validasi oleh validator materi dan validator media. Hasil validasi yang didapat yakni 86 6% dan 94% dengan rata-rata nilai persentase sebesar 90%. Sehingga dapat dikatakan media yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 May 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194312

Actions (login required)

View Item View Item