Pengembangan media pembelajaran e-modul berbasis SIGIL mata pelajaran marketing kelas X bisnis daring dan pemasaran di SMK Negeri 1 Pasuruan / Prayoga Rizka Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran e-modul berbasis SIGIL mata pelajaran marketing kelas X bisnis daring dan pemasaran di SMK Negeri 1 Pasuruan / Prayoga Rizka Kurniawan

Kurniawan, Prayoga Rizka (2020) Pengembangan media pembelajaran e-modul berbasis SIGIL mata pelajaran marketing kelas X bisnis daring dan pemasaran di SMK Negeri 1 Pasuruan / Prayoga Rizka Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurniawan Prayoga Rizka. 2020 . Pengembangan Media Pembelajaran E-modul Berbasis SIGIL Mata Pelajaran Marketing Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran Di SMK Negeri 1 Pasuruan. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Rachmad Hidayat S.Pd. M.Pd Kata Kunci Media Pembalajaran E-modul Aplikasi SIGIL. Pendidikan merupakan usaha proses belajar sepanjang masa yang mempengaruhi perkembangan alam kejiwaan dan pertumbuhan sepanjang hidup manusia. Pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Pada dasarnya pembelajaran merupakan proses interaksi guru atau pendidik dengan peserta didik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar sehingga terjadi perubahan perilaku menjadi lebih baik. Dalam proses pembelajaran diharapkan media pembelajaran mengikuti perkembangan teknologi oleh karena itu e-modul menjadi inovasi yang tepat untuk mengubah penyajian modul yang biasa dicetak menjadi modul yang dapat dibaca tanpa harus dicetak dengan memanfaatkan perangkat teknologi yang telah berkembang seperti komputer laptop dan smartphone. E-modul dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik interaktif dan mampu menyampaikan pesan atau informasi dengan menggunakan video dan audio. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan produk media pembelajaran E-modul berbasis SIGIL pada Mata Pelajaran Marketing Kompetensi Dasar Menerapkan Strategi Merek. (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran E-modul berbasis SIGIL berdasarkan Validasi ahli media dan ahli materi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Dengan tahapan penelitian (1) Penelitian dan Pengumpulan Data (2) Perencanaan (3) Pengembangan Produk (4) Validasi Produk (5) Revisi Produk (6) Uji coba Lapangan (7) Revisi Akhir (8) Produk Akhir. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Hasil validasi ahli media terhadap media pembelajaran E-modul berbasis SIGIL mata pelajaran Marketing dinyatakan sangat valid dengan presentase 89%. (2) sedangkan hasil validasi ahli materi I dan II memperoleh presentase 84% dan dinyatakan sangat valid. (3) serta respon angket peserta didik mendapatkan presentase 81% dengan kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil dari validasi gabungan memperoleh presentase sebesar 85% dinyatakan sangat layak dan efektif serta menarik sebagai media pembelajaran untuk digunakan di SMK Negeri 1 Pasuruan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 May 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194305

Actions (login required)

View Item View Item