Pengaruh pembelajaran online mata pelajaran kewirausahaan dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII SMK Terpadu Al-Ishlahiyah / Shahinza Noviantika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran online mata pelajaran kewirausahaan dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII SMK Terpadu Al-Ishlahiyah / Shahinza Noviantika

Noviantika, Shahinza (2021) Pengaruh pembelajaran online mata pelajaran kewirausahaan dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII SMK Terpadu Al-Ishlahiyah / Shahinza Noviantika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran online merupakan kegiatan belajar dan mengajar yang berlangsung dengan memanfaatkan teknologi internet. Efikasi diri adalah keyakinan terkait kemampuan yang dimiliki oleh individu sebagai bentuk motivasi guna mencapai suatu tujuan. Dengan adanya pembelajaran online dan efikasi diri dianggap dapat membentuk minat berwirausaha khususnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pembelajaran online terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII SMK Terpadu Al-Ishlahiyah (2) pengaruh efikasi diri terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII SMK Terpadu Al-Ishlahiyah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII dengan program keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran dengan jumlah dua kelas 52 siswa dengan teknik sampling yang digunakan ialah sampling jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data meliputi analisis statistik deskriptif uji asumsi klasik (uji normalitas uji multikolinieritas uji heteroskedastisitas) uji regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan tingkat signifikansi sebesar 5%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut (1) pembelajaran online tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII SMK Terpadu Al-Ishlahiyah hal ini dibuktikan dari nilai t hitung ttabel (0 930 2 008) dan signifikansi 0 357 0 05. (2) efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII SMK Terpadu Al-Ishlahiyah hal ini dibuktikan dari nilai thitung ttabel (7 243 2 008) dan signifikansi 0 000 0 05. Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian ini yakni (1) diharapkan untuk sekolah mampu mengupayakan dalam mengevaluasi kembali kegiatan pembelajaran online dengan cara mengusung pembelajaran kontekstual atau dapat membuat wadah kewirausahaan yang lebih kreatif seperti koperasi siswa. (2) diharapkan guru dapat membangun konsentrasi siswa dengan cara meminta siswa untuk menarik kesimpulan diakhir pembelajaran agar siswa lebih terlatih untuk konsentrasi. (3) diharapkan untuk siswa agar lebih giat belajar dan mecoba berlatih menyelesaikan tugas dengan mandiri sehingga keyakinan diri dalam siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194283

Actions (login required)

View Item View Item