Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis quipper school pada mata pelajaran marketing untuk siswa kelas X bisnis daring dan pemasaran di SMK Negeri 1 Kraksaan Kabupaten Probolinggo / Pasha Intan Romadoni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis quipper school pada mata pelajaran marketing untuk siswa kelas X bisnis daring dan pemasaran di SMK Negeri 1 Kraksaan Kabupaten Probolinggo / Pasha Intan Romadoni

Romadoni, Pasha Intan (2021) Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis quipper school pada mata pelajaran marketing untuk siswa kelas X bisnis daring dan pemasaran di SMK Negeri 1 Kraksaan Kabupaten Probolinggo / Pasha Intan Romadoni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran e-learning merupakan media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat dimanfaatkan pada pembelajaran daring maupun blended learning. Dalam proses pembelajaran secara daring diperlukan media pembelajaran yang menarik dan interaktif serta metode yang kreatif untuk mengemas pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan pada saat pembelajaran berlangsung. Maka dari itu untuk mengoptimalkan pembelajaran daring diharapkan guru dapat menggunakan media pembelajaran e-learning berbasis quipper school agar dapat menciptakan pembelajaran yang efektif bagi peserta didik. Penelitian dan Pengembangan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Quipper School ini memiliki tujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran e-learning berbasis quipper school pada mata pelajaran Marketing siswa kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Kraksaan Kabupaten Probolinggo. (2) mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran e-learning berbasis quipper school pada mata pelajaran Marketing kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Borg Gall yang telah dimodifikasi menjadi 8 langkah yaitu 1) Penelitian dan pengumpulan informasi 2) Perencanaan 3) Pengembangan produk 4) Validasi ahli 5) Revisi produk I 6) Uji coba lapangan 7) Revisi Produk II 8) Produk akhir. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan (1) telah dihasilkan sebuah media e-learning berbasis quipper school dengan hasil validasi ahli media diperoleh rata-rata sebesar 99% yang dapat dinyatakan sangat valid (2) sedangkan hasil validasi ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 91 25% yang dapat dinyatakan sangat valid (3) serta hasil uji coba lapangan yang dilakukan pada siswa kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran 1 diperoleh rata-rata sebesar 94 29% dengan kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil keseluruhan dari validasi ahli materi ahli media dan uji coba lapangan diperoleh rata-rata sebesar 94 84% yang termasuk dalam kategori sangat valid atau sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran interaktif. Optimalisasi jaringan internet perlu diperhatikan dalam menggunakan media ini. Saran deseminasi dapat dilakukan melalui MGMP agar media yang dikembangkan dapat digunakan secara lebih luas dalam kegiatan pembelajaran daring maupun blended learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194281

Actions (login required)

View Item View Item