Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis schoology pada mata pelajaran perencanaan bisnis\ (studi pada siswa kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 5 Madiun) /Widyasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis schoology pada mata pelajaran perencanaan bisnis\ (studi pada siswa kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 5 Madiun) /Widyasari

Widyasari (2021) Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis schoology pada mata pelajaran perencanaan bisnis\ (studi pada siswa kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 5 Madiun) /Widyasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Widyasari 2021. Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology Pada Mata Pelajaran Perencanaan Bisnis Studi Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran Di SMK Negeri 5 Madiun. Skripsi Program Studi Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Aniek Indrawati S.Si. M.M. Kata Kunci Media Pembelajaran E-Learning Schoology Mata Pelajaran Perencanaan Bisnis Media pembelajaran sangat beragam variannya dan tentunya memiliki peranan yang sangat peting dalam pembelajaran. Namun pada kenyataannya guru saat ini belum semuanya mengoptimalkan akan adanya media pembelajaran tersebut. Perlu adanya inovasi media pembelajaran untuk kegiatan pembelajaran jarak jauh saat pandemi covid 19 ini. Media E-Learning berbasis Schoology merupakan media yang dapat digunakan sebagai perantara dalam proses pembelajaran tanpa harus bertatap muka dengan seorang guru. E-Learning Schoology dapat digunakan oleh guru untuk alternative media pembelajaran yang menarik dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk Menghasilkan Media Pembelajaran E-learning berbasis Schoology pada Mata Pelajaran Perencanaan Bisnis pada Siswa Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 5 Madiun dan Mengetahui Respon Siswa terhadap Media E-learning berbasis Schoology. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R D). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan menggunakan model Borg Gall dengan 10 tahapan. Adapun peneliti mengadopsi menjadi 9 langkah yaitu potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain yang dilakukan 1 ahli media dan 2 ahli materi revisi desain uji coba produk pada kelompok kecil dengan 6 siswa revisi produk 1 uji coba pemakaian pada kelompok besar dengan 15 siswa produk akhir. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil pengisian angket ahli media ahli materi dan subjek uji coba pengguna (siswa). Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kualitatif dan teknik data kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi ahli media memperoleh skor sebesar 95% yang menyatakan bahwa media sangat valid dan layak diujicobakan. Sedangkan hasil validasi 2 ahli materi memperoleh skor sebesar 85% yang menyatakan bahwa materi sangat valid dan layak diujicobakan. Hasil angket respon pengguna (siswa) dari kelompok kecil memperoleh skor sebesar 91% dan kelompok besar memperoleh skor sebesar 91% yang menyatakan bahwa media sangat valid dan layak digunakan. Saran pengembangan lebih lanjut dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu peneliti selanjutnya diharapkan dapat merancang media tidak hanya pada mata pelajaran Perencanaan Bisnis saja serta diharapkan dapat merancang media pembelajaran yang lebih baik (dari segi penggunaan isi fasilitas dan tampilan media) sehingga media pembelajaran e-learning berbasis Schoology ini lebih menarik dan interaktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194280

Actions (login required)

View Item View Item