Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis adobe animate cc pada mata pelajaran perencanaan bisnis untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada kelas X bisnis daring dan pemasaran SMK Negeri 2 Palangka Raya) / Nurul Qomariyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis adobe animate cc pada mata pelajaran perencanaan bisnis untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada kelas X bisnis daring dan pemasaran SMK Negeri 2 Palangka Raya) / Nurul Qomariyah

Qomariyah, Nurul (2021) Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis adobe animate cc pada mata pelajaran perencanaan bisnis untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada kelas X bisnis daring dan pemasaran SMK Negeri 2 Palangka Raya) / Nurul Qomariyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu unsur penting yang harus ditanamkan sejak dini di dalam kehidupan dengan adanya pendidikan dapat merubah karakter pada seorang menjadi lebih baik. Dunia pendidikan harusnya dapat digunakan sebagai tempat belajar dan berinteraksi dengan teman-temannya. Namun dikarenakan adanya Covid-19 di Indonesia mengakibatkan semua sekolah harus di tutup dan pelaksanaan pembelajaran di lakukan secara jarak jauh. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran Mobile Learning berbasis Adobe Animate CC untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran Mobile Learning berbasis Adobe Animate CC melalui validasi ahli materi ahli media dan pengguna media (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran Mobile Learning berbasis Adobe Animate CC dengan peserta didik yang tidak menggunakan media pembelajaran Mobile Learning berbasis Adobe Animate CC pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R amp D) dari Sugiyono Adapun langkah-langkah dalam penelitian dan pengembangan ialah sebagai berikut 1) Potesi dan Masalah 2) Pengumpulan Data 3) Desain Produk 4) Validasi Desain 5) Revisi Desain 6) Uji Coba Produk 7) Revisi Produk 8) Uji Coba Pemakaian 9) Revisi Produk dan 10) Produksi Masal. Subjek uji coba adalah peserta didik Kelas X BDP 1 dan X BDP 2 SMK Negeri 2 Palangka Raya yang sedang menempuh mata pelajaran Perencanaan Bisnis. Jenis penggunaan data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Teknis analisis data kuantitatif didapatkan dari hasil instrument validasi ahli media validasi ahli materi dan instrument penilaian peserta didik terhadap media pembelajaran Mobile Learning berbasis Adobe Animate CC dengan menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Sedangkan teknik analisis kualitatif didapatkan dari kritik dan saran melalui wawancara dan kuisioner. Sedangkan data hasil belajar peserta didik ranah kognitif dianalisis menggunakan teknik uji Mann-Whitney. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran Mobile Learning yang bernama ldquo SPOBP rdquo yang dibuat dengan bantuan software Adobe Animate CC dan mengemas materi KD 3.4 Menerapkan Bauran Pemasaran dan 4.4 Menyusun Rencana Bauran Pemasaran secara menarik sehingga dapat digunakan pada smartphone android. Selain itu media pembelajaran Mobile Learning berbasis Adobe Animate CC ini didesain secara menarik agar peserta didik tidak mudah bosan saat menggunakan media pembelajaran tersebut. Hasil validasi ahli materi ahli media dan 6 peserta didik adalah lsquo Sangat Valid rsquo sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Mobile Learning berbasis Adobe Animate CC layak digunakan dalam pembelajaran Perencanaan Bisnis Kelas X BDP. Hasil rata-rata posttest pada kelas eksperimen menujukan lebih besar dari pada kelas kontrol yang artinya terdapat perbedaan saat menggunakan media pembelajaran Mobile Learning berbasis Adobe Animate CC dan diperoleh hasil belajar yang lebih baik dari pada yang tidak menggunakan media pembelajaran Mobile Learning berbasis Adobe Animate CC. hal ini berdasarkan hasil uji statistik Mann-Whitney pada ranah kognitif yang menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 lt 0 05 sehinga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Saran yang dapat diberikan kepada peniliti selanjutnya yaitu mengembangkan media pembelajaran Mobile Learning berbasis Adobe Animate CC pada sistem operasi lainnya seperti iOS dan Windows dan menyajikan materi lebih banyak lagi pada media pembelajaran tersebut dengan ukuran file yang tidak terlalu besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194274

Actions (login required)

View Item View Item