Pengaruh model pembelajaran ricosre berbasis platform online terhadap keterampilan penalaran ilmiah dan hasil belajar kognitif pada materi sistem gerak dan sistem sirkulasi siswa kelas XI SMAN 1 Singosari / Zemira Shine Galingging - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran ricosre berbasis platform online terhadap keterampilan penalaran ilmiah dan hasil belajar kognitif pada materi sistem gerak dan sistem sirkulasi siswa kelas XI SMAN 1 Singosari / Zemira Shine Galingging

Galingging, Zemira Shine (2021) Pengaruh model pembelajaran ricosre berbasis platform online terhadap keterampilan penalaran ilmiah dan hasil belajar kognitif pada materi sistem gerak dan sistem sirkulasi siswa kelas XI SMAN 1 Singosari / Zemira Shine Galingging. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kehidupan abad 21 menuntut siswa untuk mempersiapkan diri agar menjadi pribadi yang sukses dengan menguasai berbagai keterampilan dan pengetahuan. Salah satu keterampilan yang dibutuhkan dalam kehidupan abad 21 yang perlu dikembangkan adalah keterampilan penalaran ilmiah. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMAN 1 Singosari siswa lemah dalam bernalar secara ilmiah sehingga berdampak pada hasil belajar kognitif siswa pada materi Sistem Gerak dan Sistem Sirkulasi. Penalaran ilmiah dapat dikembangkan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah salah satunya RICOSRE. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RICOSRE terhadap penalaran ilmiah dan hasil belajar kognitif. Penelitian ini adalah penelitian kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest non equivalen control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Singosari pada tahun ajaran 2019/2020 semester ganjil. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA E sebagai kelas kontrol (pembelajaran konvensional) dan siswa kelas XI IPA F sebagai kelas eksperimen (pembelajaran RICOSRE). Penentuan kelas sampel (kelas eksperimen dan kontrol) diambil menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest. Uji prasyarat terdiri dari uji homogenitas dan normalitas. Uji hipotesis menggunakan Anakova dengan taraf signifikansi 0.05 kemudian dilanjutkan uji BNT. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu 1) Adanya pengaruh model pembelajaran RICOSRE terhadap keterampilan penalaran ilmiah siswa SMAN 1 Singosari dan 2) Adanya pengaruh model pembelajaran RICOSRE terhadap hasil belajar kognitif ilmiah siswa SMAN 1 Singosari. Sarannya untuk kedepan dapat melihat pengaruh RICOSRE pada kemampuan abad 21 lainnya dan mengkolaborasikan model pembelajaran RICOSRE dengan model pembelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194266

Actions (login required)

View Item View Item