Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan stem dengan model pbl pada materi sistem pencernaan untuk melatih keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA Nasional Malang / Shita Anastasia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan stem dengan model pbl pada materi sistem pencernaan untuk melatih keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA Nasional Malang / Shita Anastasia

Anastasia, Shita (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan stem dengan model pbl pada materi sistem pencernaan untuk melatih keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA Nasional Malang / Shita Anastasia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Anastasia Shita. 2021. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan STEM dengan Model PBL pada Materi Sistem Pencernaan untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI SMA Nasional Malang. Skripsi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Triastono Imam Prasetyo M.Pd. Kata Kunci model PBL (Problem Based Learning) pendekatan STEM sistem pencernaan Perkembangan dunia dalam pendidikan dituntut harus memiliki keterampilan abad XXI. Keterampilan abad XXI atau diistilahkan dengan 4C (Communication Collaboration Critical Thinking and Problem Solving dan Creativity and Innovation) merupakan kemampuan sesungguhnya yang ingin dituju dalam Kurikulum 2013. Kebutuhan abad XXI di Indonesia bisa dicapai dengan beberapa pendekatan salah satunya pendekatan STEM. STEM merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang terintegrasi antara sains teknologi teknik dan matematika untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreativitas siswa yang merupakan salah satu yang dibutuhkan dalam keterampilan abad XXI melalui proses pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu pengetahuan sikap dan keterampilan juga dibutuhkan untuk mengidentifikasi masalah sehingga dapat menjelaskan fenomena alam mendesain serta menarik kesimpulan berdasar bukti mengenai isu-isu terkait STEM. Tujuan dari pendekatan STEM ini dapat diterapkan dengan melibatkan lima pengalaman belajar pada pendekatan saintifik. Pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk dipadukan dengan pendekatan ilmiah atau pendekatan yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang meliputi silabus RPP UKBM berbasis STEM dengan model PBL yang valid dan praktis. Rancangan penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze Design Develop Implement Evaluate). Perangkat pembelajaran ini divalidasi oleh ahli perangkat pembelajaran ahli materi ahli asesmen. Uji kepraktisan dilakukan oleh praktisi pendidikan dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis STEM sangat valid/layak dan praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi silabus oleh ahli perangkat dan ahli materi yaitu 96 85% dan 100% dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi RPP oleh ahli perangkat dan ahli materi yaitu 97 57% dan 100% dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi UKBM oleh ahli perangkat ahli materi yaitu 100% 100% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji kepraktisan silabus RPP dan UKBM yang dilakukan oleh praktisi pendidikan adalah 94% 95 34% 97 08%. Hasil kepraktisan melalui angket respon siswa terhadap UKBM pada uji skala besar adalah 80 87 dengan kriteria praktis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194262

Actions (login required)

View Item View Item