Muhaimin, Fahrul Ghani (2021) Pengaruh pembelajaran ricosre berbasis platform online dan kemampuan akademik terhadap keterampilan pengambilan keputusan dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas x sma negeri di malang pada materi klasifikasi makhluk hidup / Fahrul Ghani Muhaimin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu keterampilan yang perlu diberdayakan pada abad ke-21 yaitu keterampilan pengambilan keputusan. Faktanya keterampilan pengambilan keputusan siswa di Indonesia masih tergolong rendah salah satunya di beberapa SMA Negeri di Malang. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran yang diterapkan belum memberdayakan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan berdampak pada hasil belajar siswa. Selain itu secara alami kemampuan akademik siswa di kelas dikelompokkan menjadi kelompok akademik tinggi sedang dan rendah. Akibatnya terdapat kesenjangan hasil belajar siswa kemampuan akademik tinggi dan kemampuan akademik rendah. Permasalahan tersebut diharapkan dapat diatasi dengan penerapan pembelajaran RICOSRE berbasis platform online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh pembelajaran RICOSRE berbasis platform online terhadap keterampilan pengambilan keputusan dan hasil belajar kognitif siswa 2) pengaruh kemampuan akademik terhadap keterampilan pengambilan keputusan dan hasil belajar kognitif siswa dan 3) pengaruh interaksi antara pembelajaran RICOSRE berbasis platform online dan kemampuan akademik terhadap keterampilan pengambilan keputusan dan hasil belajar kognitif siswa. Rancangan penelitian dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen semu dengan pretest posttest non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMAN 1 Singosari dan SMAN 7 Malang pada semester gasal tahun ajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 3 kelas X IPA di masing-masing sekolah. Instrumen penilaian keterampilan pengambilan keputusan diperoleh dari Catalina Foothills amp Stanford Center for Assessment Learning and Equity (SCALE) (2011). Analisis data dimulai dari uji konsistensi keterlaksanaan sintaks pembelajaran menggunakan analisis regresi ganda. Data yang diperoleh dilakukan uji prasyarat yang terdiri atas uji normalitas dan uji homogenitas. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan anakova dengan taraf signifikansi 0 05. Hasil penelitian menunjukkan 1) pembelajaran RICOSRE berbasis platform online berpengaruh terhadap keterampilan pengambilan keputusan dan hasil belajar kognitif siswa 2) kemampuan akademik berpengaruh terhadap keterampilan pengambilan keputusan dan hasil belajar kognitif siswa dan 3) interaksi antara pembelajaran RICOSRE berbasis platform online dan kemampuan akademik berpengaruh terhadap keterampilan pengambilan keputusan dan hasil belajar kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Dec 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/194260 |
Actions (login required)
View Item |