Pengaruh pembelajaran ricosre berbasis platform online dan kemampuan akademik terhadap keterampilan literasi informasi dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas X SMA Negeri di Malang pada materi klasifikasi makhluk hidup / Mahdiyani Nur Fadhilah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran ricosre berbasis platform online dan kemampuan akademik terhadap keterampilan literasi informasi dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas X SMA Negeri di Malang pada materi klasifikasi makhluk hidup / Mahdiyani Nur Fadhilah

Fadhilah, Mahdiyani Nur (2021) Pengaruh pembelajaran ricosre berbasis platform online dan kemampuan akademik terhadap keterampilan literasi informasi dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas X SMA Negeri di Malang pada materi klasifikasi makhluk hidup / Mahdiyani Nur Fadhilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fadhilah Mahdiyani Nur. 2021. Pengaruh Pembelajaran RICOSRE Berbasis Platform Online dan Kemampuan Akademik Terhadap Literasi Informasi dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri di Malang pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Susriyati Mahanal M.Pd. Kata kunci Hasil Belajar Kognitif Kemampuan Akademik Literasi Informasi RICOSRE Berbasis Platform Online Keterampilan literasi informasi merupakan salah satu keterampilan yang diperlukan pada abad ke-21. Berdasarkan observasi yang dilakukan pada beberapa SMAN di Malang literasi informasi siswa masih lemah sehingga berdampak pada hasil belajar kognitif siswa. Hal tersebut terjadi karena kurang diberdayakannya pembelajaran berbasis masalah yang mampu mengasah kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Selain itu perbedaan kemampuan akademik menyebabkan adanya kesenjangan antara siswa berkemampuan akademik tinggi sedang dan rendah. Permasalahan ini diharapkan dapat diatasi dengan penerapan pembelajaran berbasis masalah salah satunya adalah RICOSRE berbasis platform online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh pembelajaran RICOSRE berbasis platform online terhadap keterampilan literasi informasi dan hasil belajar kognitif siswa 2) pengaruh kemampuan akademik terhadap keterampilan literasi informasi dan hasil belajar kognitif siswa 3) pengaruh interaksi antara pembelajaran RICOSRE berbasis platform online dan kemampuan akademik terhadap keterampilan literasi informasi dan hasil belajar kognitif siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest non equivalen control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMAN 1 Singosari dan SMAN 7 Malang pada semester gasal tahun ajaran 2020/2021. Sampel dari penelitian ini terdiri dari 3 kelas X IPA di SMAN 1 Singosari dan 3 kelas X IPA di SMAN 7 Malang. Siswa pada kelas eksperimen dibelajarkan dengan RICORSE berbasis platform online kelas kontrol positif dibelajarkan dengan PBL dan kelas kontrol negatif menggunakan pembelajaran konvensional. Siswa dikelompokkan menjadi siswa berkemampuan akademik tinggi (33% UN teratas) dan rendah (33% UN terbawah). Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes pada KD. 3.3 dan 3.4. Uji keterlaksanaan sintaks pembelajaran menggunakan analisis regresi ganda. Uji prasyarat terdiri dari uji homogenitas dan normalitas. Uji hipotesis menggunakan anakova dengan taraf signifikansi 0.05 kemudian dilanjutkan uji BNT. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu 1) RICOSRE berbasis platform online berpengaruh terhadap literasi informasi dan hasil belajar kognitif siswa 2) kemampuan akademik berpengaruh terhadap literasi informasi dan hasil belajar kognitif siswa dan 3) interaksi antara model pembelajaran RICOSRE berbasis platform online dan kemampuan akademik berpengaruh terhadap literasi informasi dan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194259

Actions (login required)

View Item View Item