Telaah muatan keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, dan keterampilan kolaborasi dalam unit kegiatan belajar mandiri materi sistem gerak untuk siswa kelas xi sman 1 dan sman 9 kota malang semester gasal 2020/2021 / Claresia Tsany Kusmayadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Telaah muatan keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, dan keterampilan kolaborasi dalam unit kegiatan belajar mandiri materi sistem gerak untuk siswa kelas xi sman 1 dan sman 9 kota malang semester gasal 2020/2021 / Claresia Tsany Kusmayadi

Kusmayadi, Claresia Tsany Kusmayadi (2021) Telaah muatan keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, dan keterampilan kolaborasi dalam unit kegiatan belajar mandiri materi sistem gerak untuk siswa kelas xi sman 1 dan sman 9 kota malang semester gasal 2020/2021 / Claresia Tsany Kusmayadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran dalam dunia pendidikan saat ini berpusat pada penguasaan keterampilan abad ke-21 dibarengi dengan pembenahan sistem berupa kurikulum 2013 yang menggunakan UKBM sebagai salah satu perangkat pembelajaran. UKBM merupakan satuan pelajaran yang kecil disusun secara berurutan dari mudah sampai ke sukar. UKBM diharapkan mampu meningkatkan keterampilan abad ke-21 siswa yang saat ini tergolong rendah menurut PISA tahun 2018 dimana Indonesia berada pada peringkat 74 dari 79 Negara. Keterampilan abad ke-21 pada UKBM perlu ditelaah sebagai bentuk peningkatan sistem pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan menelaah muatan keterampilan berpikir kritis berpikir kreatif dan kolaborasi dalam UKBM sistem gerak siswa kelas XI SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 9 Malang. Metode yang digunakan berupa deskriptif kualitatif dengan instrumen penelitian meliputi lembar observasi penilaian format UKBM dan penilaian keterampilan abad ke-21. Hasil penelitian menunjukkan telaah format UKBM keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi salah satu sekolah masih kurang sesuai. Sedangkan untuk keterampilan berpikir kreatif kedua sekolah telah mengintegrasikan dengan baik dalam UKBM. Hasil telaah dilakukan dengan dokumen UKBM langsung tanpa melibatkan siswa. Sebagai rekomendasi penelitian selanjutnya telaah bisa dilakukan pada UKBM materi lain dan mengkomparasikan data dengan tes keterampilan abad ke-21 siswa serta data observasi kepada guru selaku penyusun UKBM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194258

Actions (login required)

View Item View Item