Pengembangan soal bermuatan hots (higher order thinking skill) sebagai pengukur kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa kelas xi sman 7 malang pada materi sistem gerak dan sistem ekskresi / MIA AGUSTINA - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan soal bermuatan hots (higher order thinking skill) sebagai pengukur kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa kelas xi sman 7 malang pada materi sistem gerak dan sistem ekskresi / MIA AGUSTINA

Agustina, Mia Agustina (2021) Pengembangan soal bermuatan hots (higher order thinking skill) sebagai pengukur kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa kelas xi sman 7 malang pada materi sistem gerak dan sistem ekskresi / MIA AGUSTINA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penilaian yang baik bukan hanya sekedar mengumpulkan data namun proses pengolahannya juga agar didapatkan gambaran menyeluruh mengenai proses belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen penilaian e-portfolio bermuatan HOTS (Higher Order Thinking Skill) sebagai pengukur kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 7 Malang pada materi sistem gerak dan sistem ekskresi. Produk pengembangan ini diharapkan dapat diimpelentasikan oleh guru untuk meningkatkan kualitas penilaian selama pembelajaran Biologi. Instrumen penilaian e-portfolio ini berisikan lembar kerja peserta didik untuk aspek kognitif dan psikomotorik penilaian harian angket self assessment jurnal belajar dan lembar evaluasi. Metode dalam penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan instruksional ADDIE (analysis design development implementation dan evaluation) dengan hasil data berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Penelitian ini melibatkan 25 siswa kelas XI MIPA di SMAN 7 Malang. Instrumen penilaian e-portfolio dikembangkan dengan memenuhi syarat valid pada kriteria validasi logis sebesar 100% untuk validasi materi dan 91% untuk validasi asesmen. Pada validasi empiris hasil analisis butir soal yang meliputi reliabilitas soal daya beda soal tingkat kesukaran soal dan efektivitas pengecoh yang memiliki nilai rerata 60% butir soal tidak memiliki fungsi pengecoh yang menunjukkan butir soal perlu dilakukan revisi. Instrumen ini memiliki nilai reliabilitas dengan kriteria tinggi. Respon yang baik dalam hal kemudahan penggunaan serta penyajian diberikan oleh guru dan siswa sebagai pengguna dengan persentase sebesar 87% dan dari siswa sebesar 92%. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa instrumen penilaian e-portfolio yang dikembangkan ini valid efektif dan layak digunakan serta dapat mengukur hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194253

Actions (login required)

View Item View Item