Pengembangan unit kegiatan belajar mandiri (ukbm) berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar materi sistem ekskresi pada siswa kelas xi sma negeri 5 malang / JEFTI SALMA PRATIWI - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan unit kegiatan belajar mandiri (ukbm) berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar materi sistem ekskresi pada siswa kelas xi sma negeri 5 malang / JEFTI SALMA PRATIWI

Pratiwi, Jefti Salma Pratiwi (2021) Pengembangan unit kegiatan belajar mandiri (ukbm) berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar materi sistem ekskresi pada siswa kelas xi sma negeri 5 malang / JEFTI SALMA PRATIWI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan dalam Kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan di masa depan. Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan yang wajib dimiliki siswa sesuai dengan tujuan pendidikan dan dapat dikembangkan melalui proses pendidikan. Seorang guru dituntut mampu untuk menyediakan UKBM dalam menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yaitu UKBM berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar materi Sistem Ekskresi pada siswa kelas XI yang valid dan praktis. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 5 Malang. Penyusunan UKBM berdasarkan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Model pengembangan yang digunakan mengadaptasi dari model ADDIE oleh Branch (2009) yang terdiri dari analyze design develop implement dan evaluate. Tahap implement tidak dapat dilaksanakan dikarenakan adanya pandemi Covid-19. UKBM dinyatakan sangat valid dan dapat digunakan tanpa perbaikan diperoleh dari validasi ahli bahan ajar materi RPP dan asesmen pengetahuan (tes bentuk pilihan ganda) oleh ahli asesmen sebesar 100% validasi asesmen pengetahuan (tes bentuk uraian) oleh ahli asesmen sebesar 99 1% dan praktisi pendidikan biologi sebesar 94 5%. UKBM dinyatakan sangat praktis diperoleh dari angket kepraktisan yang dinilai dari angket respons siswa dari hasil uji coba perseorangan sebesar 90 0% uji coba skala kecil sebesar 90 1% dan uji coba lapangan sebesar 92 4%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194249

Actions (login required)

View Item View Item