Pengembangan multimedia interaktif berbasis adobe flash pada materi sistem koordinasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains pada siswa kelas XI SMAN 1 Kepanjen Malang / Khoirotul Ainiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif berbasis adobe flash pada materi sistem koordinasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains pada siswa kelas XI SMAN 1 Kepanjen Malang / Khoirotul Ainiyah

Ainiyah, Khoirotul (2020) Pengembangan multimedia interaktif berbasis adobe flash pada materi sistem koordinasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains pada siswa kelas XI SMAN 1 Kepanjen Malang / Khoirotul Ainiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan memiliki peran yang sangat penting bagi peningkatan kualitas dan mutu sumber daya manusia. Pentingnya pendidikan yang menuntut sebuah lembaga ataupun institusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan sehingga sejalan dengan perkembangan zaman. Pendidik harus dibekali dengan ilmu pengetahuan berbasis teknologi dikarenakan perkembangan zaman saat ini semakin maju seiring perkembangan teknologi sehingga pendidik juga harus mahir dalam penggunaan teknologi sebagai kemampuan dasar dalam pembuatan media pembelajaran. Pemilihan media pembelajaran yang tepat mampu meningkatkan pengetahuan siswa dalam pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif berbasis adobe flash pada materi sistem koordinasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains pada siswa kelas XI di SMAN 1 Kepanjen Malang. Prosedur dalam penelitian (1) analisis kebutuhan melalui observasi dan wawancara pada guru maupun siswa (2) perancangan produk yang akan dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analyze (analisis) design (desain) develop (pengembangan) implement (implementasi) dan evaluate (evaluasi) (3) validasi produk yang dilakukan oleh ahli materi media asesmen dan praktisi lapangan yaitu guru biologi dan siswa kelas XI MIPA 4 sebanyak 30 orang. Data hasil validasi meliputi data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa skor tiap aspek yang telah dinilai oleh ahli materi media dan asesmen berturut-turut yaitu 84 5% 95 3% dan 100%. Data kualitatif berupa saran dan komentar dari masing-masing ahli. Data kepraktisan diperoleh dari hasil pengisian angket kepraktisan oleh ahli praktisi lapangan yaitu guru dan siswa berturut-turut adalah 93 7% dan 84 6%. Hasil uji keefektifan yang diperoleh adalah 0 6 yang menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis adobe flash memiliki tingkat validitas ldquo sedang cenderung tinggi rdquo dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jun 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194235

Actions (login required)

View Item View Item