Infusi metakognitif dalam pembelajaran biologi meningkatkan kemampuan penalaran adaptif siswa / Agrintya Indah Mawarni - Repositori Universitas Negeri Malang

Infusi metakognitif dalam pembelajaran biologi meningkatkan kemampuan penalaran adaptif siswa / Agrintya Indah Mawarni

Mawarni, Agrintya Indah (2020) Infusi metakognitif dalam pembelajaran biologi meningkatkan kemampuan penalaran adaptif siswa / Agrintya Indah Mawarni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan penalaran adaptif merupakan aktivitas mental yang menunjukkan adanya proses pengolahan informasi. Kemampuan penalaran adaptif merupakan keterampilan abad 21 yang harus dimiliki untuk menghadapi perkembangan teknologi dan digitalisasi yang pesat. Dampak positif dari perkembangan digitalisasi adalah adanya informasi yang dapat diakses secara bebas dimana dan kapan saja tanpa ada batasan. Namun tidak semua informasi tersebut adalah valid. Siswa harus pandai mengolah dan memilah informasi. Penalaran adaptif sebagai fluid intelligence berguna dalam membantu siswa dalam mengolah informasi yang diterima menjadi informasi yang dapat digunakan secara bijak. Transformasi belajar melalui pembelajaran infusi metakognitif diharapkan mampu menjadi motor dalam pencapaian kemampuan penalaran adaptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh infusi metakognitif dalam pembelajaran Biologi terhadap kemampuan penalaran adaptif siswa. Pengajar secara langsung membelajarkan bagaimana cara berpikir metakognitif kepada siswa. Penelitian ini adalah penelitian mixed method dengan mengintegrasikan metode kualitatif dan kuantitatif. Materi yang digunakan adalah keanekaragaman jamur keanekaragaman tumbuhan dan ekosistem. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan uji statistik dan NVivo. Berdasarkan tahap refleksi pembelajaran infusi metakognitif perbaikan yang perlu dilakukan adalah alokasi waktu pembimbingan per kelompok pemilihan permasalahan untuk tahap penerapan berpikir yang lebih kontekstual eksplorasi keingintahuan siswa dan pembuatan tugas belajar yang dapat dilaksanakan selama jam pelajaran. Pelaksanaan infusi metakognitif dapat dilakukan dengan memperhatikan waktu metode sumber belajar dan tugas belajar. Siswa mengalami peningkatan secara bertahap dalam berpikir metakognitif. Peningkatan signifikan terjadi pada tahap pemantauan dan evaluasi. Mayoritas siswa mengatakan bahwa infusi metakognitif mempermudah mereka dalam memahami pola belajar pola pikir kekurangan dan kelebihannya. Infusi metakognitif dalam pembelajaran Biologi meningkatkan keempat aspek kemampuan penalaran adaptif yaitu kemampuan untuk berpikir logis tentang hubungan antara konsep dan situasi kemampuan untuk merefleksikan sintesis informasi kemampuan untuk menjelaskan dan kemampuan untuk memberikan pembuktian atas kesimpulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194233

Actions (login required)

View Item View Item