Pengaruh pembelajaran biologi infusi berpikir kreatif terhadap keterampilan kewirausahaan siswa kelas X SMA / Safitri Indah Putri Anisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran biologi infusi berpikir kreatif terhadap keterampilan kewirausahaan siswa kelas X SMA / Safitri Indah Putri Anisa

Anisa, Safitri Indah Putri (2020) Pengaruh pembelajaran biologi infusi berpikir kreatif terhadap keterampilan kewirausahaan siswa kelas X SMA / Safitri Indah Putri Anisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abad ke-21 menuntut warga di dunia untuk dapat beradaptasi dengan segala perubahan sistem ekonomi yang terjadi. Oleh karena itu keterampilan kewirausahaan menjadi hal penting yang diharapkan dapat dikembangkan dalam dunia pendidikan untuk menumbuhkan industri kreatif yang dapat meningkatkan jumlah lapangan pekerjaan. Penelitian ini menjelaskan keterampilan kewirausahaan siswa di kelas Biologi dengan menggunakan infusi berpikir kreatif sebagai kerangka pembelajaran dapat memberikan gambaran kepada siswa tentang peran mata pelajaran Biologi untuk memajukan perekonomian bangsa. Infusi berpikir kreatif sendiri memiliki arti menjelaskan atau menunjukkan tahapan berpikir siswa dalam menyelesaikan suatu masalah secara kreatif. Infusi berpikir kreatif diterapkan dengan menggunakan diagram berpikir kreatif untuk menghasilkan ide-ide kewirausahaan yang menerapkan konsep Biologi dalam menyelesaikan suatu masalah. Keterampilan kewirausahaan siswa diukur dari keterampilan teknis dalam kemampuan beradaptasi keterampilan mendengarkan keterampilan mengorganisir pekerjaan dan keterampilan pribadi kewirausahaan dalam pengendalian diri disiplin diri pengambilan risiko. Identifikasi indikator tersebut pada penelitian ini menggunakan one group pre-posttest design dan mixed-method approach menggunakan angket keterampilan kewirausahaan dan lembar pedoman wawancara keterampilan kewirausahaan. Penelitian dilakukan di SMAN 9 Malang dengan sampel 33 siswa kelas X yaitu 15 laki-laki dan 18 perempuan. Menariknya siswa menunjukkan hasil yang tidak berbeda untuk keterampilan kewirausahaan setelah infusi berpikir kreatif diterapkan. Hal ini menjelaskan bahwa faktor etnografi latar belakang keluarga dan individu memiliki pengaruh yang besar. Sehingga dalam pembelajaran selanjutnya dapat menganalisa budaya dan kebiasaan individu di lingkungan sekolah yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194229

Actions (login required)

View Item View Item