Rosania, Risma Afrida (2020) Peningkatan keterampilan berpikir kritis, keterampilan kolaborasi, dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMAN 2 Malang mata pelajaran Biologi dalam penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing / Risma Afrida Rosania. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi merupakan dua aspek yang sangat diperlukan dalam menghadapi tuntutan abad 21. Siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis akan mampu memecahkan masalah secara efektif baik dalam dunia kerja maupun kehidupan sehari-hari. Keterampilan kolaborasi diperlukan untuk meningkatkan kerja kelompok dan menentukan keberhasilan hubungan sosial di masyarakat. Selain kedua keterampilan tersebut hasil belajar kognitif juga perlu ditingkatkan agar struktur kognitif siswa terpacu dan siswa mampu mengorganisasikan pengetahuan yang dimiliki untuk mengasah kemampuan berpikir siswa. Berdasarkan hasil observasi keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi siswa rendah begitu juga dengan hasil belajar kognitif siswa yang belum memenuhi ketuntasan klasikal. Keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi dapat diberdayakan dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) meningkatkan keterampilan berpikir kritis keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif dalam menerapkan model inkuiri terbimbing 2) mengetahui hubungan antara keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi dengan hasil belajar kognitif pada model inkuiri terbimbing. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dipadu dengan lesson study. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MIPA 2 SMAN 2 Malang semester genap tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 14 siswa putra dan 18 siswa putri. Data penelitian diperoleh dari tes tulis (pretest dan posttest) untuk keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif sedangkan data keterampilan kolaborasi didapatkan melalui observasi. Data hasil observasi dianalisis secara deskriptif dilanjutkan dengan analisis korelasional. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dari siklus I sebesar 88 09% (sangat baik) ke siklus II sebesar 100% (sangat baik) keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa meningkat dari siklus I sebesar 91 6% (sangat baik) ke siklus II sebesar 95 83% (sangat baik) nilai n-gain keterampilan berpikir kritis siswa dari siklus I sebesar 0 57 (sedang) ke siklus II sebesar 0 74 (tinggi) dengan peningkatan sebesar 29 9% rerata keterampilan kolaborasi siswa siklus I sebesar 68 44% ke siklus II sebesar 75 42% dengan peningkatan sebesar 10 2% dan n-gain hasil belajar kognitif siswa siklus I sebesar 0 61 (sedang) ke siklus II sebesar 0 75 (tinggi) dengan peningkatan sebesar 22 9%. Setelah dilakukan analisis korelasi ada hubungan antara keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar kognitif dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0 721 (korelasi kuat) hubungan antara keterampilan kolaborasi dengan hasil belajar kognitif dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0 575 (korelasi sedang) dan hubungan antara keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi dengan hasil belajar kognitif dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0 767 (korelasi kuat). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada penelitian ini dapat memfasilitasi siswa untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi sehingga hasil belajar kognitif siswa dapat meningkat. Oleh karena itu sebaiknya guru menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan berpikir kritis keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif yang baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Sep 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/194226 |
Actions (login required)
View Item |