Pengaruh model pembelajaran problem based learning (pbl) terintegrasi mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem kelas x sma negeri 5 malang / Rini Nurlaeli Alfari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran problem based learning (pbl) terintegrasi mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem kelas x sma negeri 5 malang / Rini Nurlaeli Alfari

Alfari, Rini Nurlaeli Alfari (2021) Pengaruh model pembelajaran problem based learning (pbl) terintegrasi mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem kelas x sma negeri 5 malang / Rini Nurlaeli Alfari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keberhasilan belajar peserta didik akan tercapai jika adanya dorongan atau motivasi dalam pembelajaran. Permasalahan motivasi belajar yang kurang pada peserta didik ditemukan pada proses pembelajaran terutama pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) saat pandemi. Permasalahan motivasi belajar dijumpai pula pada SMA Negeri 5 Malang yang menerapkan pembelajaran jarak jauh. Berdasarkan angket diketahui bahwa peserta didik 77 7% menjawab kurang termotivasi dalam proses pembelajaran. Permasalahan motivasi belajar yang kurang akan berdampak pada hasil belajar peserta didik. Berdasarkan nilai UAS semester ganjil terdapat tiga kelas yang memiliki nilai rata-rata dibawah KKM. Motivasi belajar dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran yang interaktif salah satunya adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang diintegrasikan dengan mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terintegrasi mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik di kelas X SMA pada materi ekosistem. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian quasi eksperiment dengan menggunakan desain rancangan nonequivalent control group design pretest-posttest. Berdasarkan hasil uji ANAKOVA diketahui bahwa model pembelajaran PBL dengan mind mapping dapat mempengaruhi motivasi belajar peserta didik lebih tinggi yaitu 84 4% dan hasil belajar 45 67% dengan nilai signifikansi 0 000 yang berarti hipotesis penelitian diterima yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem di Kelas X SMA Negeri 5 Malang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194216

Actions (login required)

View Item View Item