Implemetnasi pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI Sman 10 Malang / Ahmad Fajar Muzaqi - Repositori Universitas Negeri Malang

Implemetnasi pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI Sman 10 Malang / Ahmad Fajar Muzaqi

Muzaqi, Ahmad Fajar (2020) Implemetnasi pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI Sman 10 Malang / Ahmad Fajar Muzaqi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu kecakapan hidup abad 21 yang penting dikembangkan dalam diri siswa sebagai persiapan menuju jenjang pendidikan tinggi dan dunia kerja. Pembelajaran biologi yang merupakan bagian dari sains menuntut siswa untuk dapat mengembangkan keterampilan proses sains sehingga siswa dapat aktif dalam proses pembelajaran. Hasil tes esai kegiatan analisis kebutuhan menunjukkan bahwa 50% siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 10 Malang memiliki keterampilan berpikir kritis yang rendah dengan rerata nilai se-besar 47.23. Hasil tes esai keterampilan proses sains menunjukkan bahwa 61.10% siswa memiliki keterampilan proses sains yang rendah dengan rerata nilai sebesar 53.13. Pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing menuntut keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran sehingga diharapkan dapat mengembangkan keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus serta dilaksanakan berbasis lesson study di mana pada setiap pertemuan dilaksanakan kegiatan plan do dan see. Subjek dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 10 Malang. Data keterlaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing diukur dengan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kritis siswa diukur dengan tes esai di awal dan di akhir setiap siklus dan dianalisis dengan rubrik penskoran tes esai yang memuat indikator masing-masing keterampilan yang diteliti. Data keterampilan proses sains juga diukur dengan lembar observasi yang dianalisis menggunakan rubrik penskoran keterampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase keterlaksana-an pembelajaran inkuiri terbimbing oleh guru dan siswa dari siklus I ke siklus II. Keterampilan proses sains siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II berdasarkan skor n-gain di mana pada siklus I memperoleh skor sebesar 0.41 (sedang) dan pada siklus II memperoleh skor 0.63 (sedang). Peningkatan ke-terampilan proses sains siswa juga terlihat pada pengukuran dengan menggunakan lembar observasi di mana seluruh indikator keterampilan proses sains yang diteliti mengalami peningkatan rerata nilai dari siklus I ke siklus II. Keterampilan berpikir kritis siswa juga menunjukkan peningkatan skor n-gain di mana pada siklus I memperoleh skor 0.29 (rendah) dan siklus II mendapatkan skor 0.56 (sedang). Ke-terampilan proses sains dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA 3 dapat meningkat dari siklus I ke siklus II disebabkan karena langkah pembelajar-an inkuiri terbimbing dapat mengembangkan keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kritis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi pem-belajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194214

Actions (login required)

View Item View Item