Pengembangan instrumen diagnostik four-tier untuk mengidentifikasi pemahaman konsep siswa SMA pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit / Septiana Ayuningrum Nofinadya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen diagnostik four-tier untuk mengidentifikasi pemahaman konsep siswa SMA pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit / Septiana Ayuningrum Nofinadya

Nofinadya, Septiana Ayuningrum (2020) Pengembangan instrumen diagnostik four-tier untuk mengidentifikasi pemahaman konsep siswa SMA pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit / Septiana Ayuningrum Nofinadya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesulitan dan kesalahan konsep peserta didik pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit telah dilaporkan dalam banyak literatur. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Gimiarci (2013) peserta didik memiliki tingkat pemahaman yang cukup rendah pada materi tersebut yaitu sebesar 47 19% untuk dimensi submikroskopik dan sebesar 50 62% untuk dimensi simbolik. Beberapa cara dapat digunakan untuk mengidentifikasi pemahaman peserta didik salah satunya menggunakan instrumen diagnostik four-tier. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu menghasilkan produk berupa instrumen diagnostik four-tier untuk mengidentifikasi tingkat pemahaman peserta didik pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit menentukan tingkat validitas dan reliabilitas instrumen diagnostik four-tier yang dihasilkan untuk mengidentifikasi tingkat pemahaman peserta didik pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Instrumen diagnostik four-tier dalam penelitian dan pengembangan ini terdiri dari 13 butir soal yang disertai dengan tingkat keyakinan terhadap jawaban dan tingkat keyakinan terhadap alasan. Pengembangan instrumen diagnostik four-tier menggunakan tahapan-tahapan pengembangan instrumen oleh Habiddin amp Page (2019) yaitu (1) mapping concept (2) testing and interviewing (3) defining student rsquo s unscientific ideas (4) developing the prototype of a four-tier (5) validating the prototype four-tier (6) refining the final four-tier. Pemahaman peserta didik yang tidak saintifik pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit diperoleh dari tes pendahuluan menggunakan instrumen pilihan ganda alasan terbuka. Hasil tes pendahuluan tersebut kemudian dianalisis secara lebih lanjut untuk mengembangkan tier ketiga dari instrumen diagnostik four-tier. Selanjutnya instrumen diagnostik four-tier yang telah dikembangkan divalidasi isi dan validasi empirik dan data-data yang diperoleh dianalisis. Hasil validasi pada penelitian dan pengembangan ini menunjukkan 13 butir soal termasuk kategori sangat layak dan layak. Uji reliabilitas soal menunjukkan bahwa ketiga tier termasuk dalam kategori tinggi dan validitas butir soal seluruhnya termasuk kategori valid. Pada analisis tingkat kesukaran butir soal untuk ketiga tier terdapat soal dengan kategori mudah sedang dan sukar. Sementara untuk uji daya beda butir soal pada ketiga tier termasuk kategori cukup baik dan sangat baik. Hasil perhitungan efektivitas distraktor memiliki rentang persentase antara 6.45%-72.58%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194207

Actions (login required)

View Item View Item