Pengaruh model pembelajaran explicit scientific inquiry terhadap keterampilan argumentasi ilmiah siswa materi hidrolisis garam kelas XI SMAN 2 Malang / Khusnul Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran explicit scientific inquiry terhadap keterampilan argumentasi ilmiah siswa materi hidrolisis garam kelas XI SMAN 2 Malang / Khusnul Hidayati

Hidayati, Khusnul (2020) Pengaruh model pembelajaran explicit scientific inquiry terhadap keterampilan argumentasi ilmiah siswa materi hidrolisis garam kelas XI SMAN 2 Malang / Khusnul Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh model pembelajaran ESI terhadap kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik pada materi hidrolisis garam. Subjek penelitian ini adalah 64 peserta didik kelas XI SMAN 2 Malang. Hasil tes argumentasi ilmiah peserta didik dinilai oleh dua penilai secara independent untuk interrater reliability. Peningkatan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik dianalisis menggunakan nilai gain ternormalisasi dan metode d-effect size Cohen berdasarkan nilai pretest dan posttest siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik meningkat secara signifikan dengan nilai d-effect size Cohen 3 10 yang masuk pada kategori tinggi dan nilai gain ternormalisasi 0 42 yang masuk pada kategori sedang. Kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik pada materi hidrolisis garam meningkat secara signifikan dari kategori rendah menjadi kategori sedang. Penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran berbasis inkuiri efektif dalam meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194206

Actions (login required)

View Item View Item