Pengaruh metode problem solving berbantuan scaffolding terhadap hasil belajar, tingkat berpikir kritis, dan kemampuan metakognitif siswa kelas XI MIPA di MAN 3 Banyuwangi pada materi asam basa / Fina Anggi Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode problem solving berbantuan scaffolding terhadap hasil belajar, tingkat berpikir kritis, dan kemampuan metakognitif siswa kelas XI MIPA di MAN 3 Banyuwangi pada materi asam basa / Fina Anggi Safitri

Safitri, Fina Anggi (2021) Pengaruh metode problem solving berbantuan scaffolding terhadap hasil belajar, tingkat berpikir kritis, dan kemampuan metakognitif siswa kelas XI MIPA di MAN 3 Banyuwangi pada materi asam basa / Fina Anggi Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari metode problem solving berbantuan scaffolding terhadap hasil belajar tingkat berpikir kritis dan kemampuan metakognitif siswa MAN 3 Banyuwangi pada materi asam basa. Penelitian ini menggunakan metode quasi exsperimental design. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 62 siswa. Pengolahan data dilakukan dengan berbagai uji yaitu uji Mann Whitney U Independent Sample T Test Wilcoxon Signed Rank Paired Sample T Test Friedman dan korelasi Kendall tau serta uji N-gain dan d-effect size yang digunakan untuk menguji ada tidaknya pengaruh metode problem solving berbantuan scaffolding. Hasil penelitian menunjukkan (1) Keterlaksanaan proses pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 93 1% dan 90 9% yang termasuk dalam kategori sangat baik. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar dan tingkat berpikir kritis antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Asymps-Sig sebesar 0 007 dan 0 000. (3) Terdapat pengaruh metode problem solving berbantuan scaffolding terhadap hasil belajar dan tingkat berpikir kritis siswa yang dibuktikan dengan uji N-gain dan d-effect size berturut-turut sebesar 0 31 dan 1 56 untuk hasil belajar siswa dan untuk tingkat berpikir kritis siswa didapatkan nilai N-gain dan d-effect size sebesar 0 19 dan 2 26. (4) Terdapat korelasi rendah (r 0 294) antara kemampuan metakognitif dan hasil instrumen berpikir kritis dan terdapat korelasi sangat rendah (r 0 126) antara hasil belajar dengan kemampuan metakognitif. Penelitian ini kurang memahamkan siswa pada materi yang diajarkan secara online sehingga kurang efektif dilakukan dalam pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194174

Actions (login required)

View Item View Item