Pengembangan bahan ajar berbasis model explicit scientific inquiry instruction (esii) pada materi minyak bumi yang berorientasi literasi ilmiah / AHASTI ALDA RAHIMA - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis model explicit scientific inquiry instruction (esii) pada materi minyak bumi yang berorientasi literasi ilmiah / AHASTI ALDA RAHIMA

Rahima, Ahasti Alda Rahima (2021) Pengembangan bahan ajar berbasis model explicit scientific inquiry instruction (esii) pada materi minyak bumi yang berorientasi literasi ilmiah / AHASTI ALDA RAHIMA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurikulum 2013 yang saat ini berlaku di Indonesia menempatkan literasi ilmiah sebagai salah satu tujuan utama pendidikan sains termasuk sains minyak bumi. Namun peneliti belum menemukan bahan ajar minyak bumi yang secara khusus dirancang untuk mengembangkan literasi ilmiah peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang menempatkan literasi ilmiah sebagai luaran pembelajaran adalah Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII). Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar minyak bumi berbasis model pembelajaran ESII yang menempatkan literasi ilmiah sebagai luaran pembelajaran yang layak menurut penilaian ahli dan terbaca menurut peserta didik. Penelitian ini menerapkan model pengembangan 4D yang terdiri atas empat tahap yaitu define (pendefinisian) design (perancangan) develop (pengembangan) dan disseminate (penyebar-luasan). Saat ini penelitian sampai tahap pengembangan produk. Validasi dilakukan oleh seorang dosen kimia dan dua guru kimia SMA sedangkan untuk uji keterbacaan melibatkan 10 peserta didik. Hasil validasi bahan ajar menunjukkan bahwa para validator memberikan skor rata-rata 80% dengan kriteria valid sedangkan uji keterbacaan menunjukkan bahwa para responden memberikan skor rata-rata 82% dengan kriteria valid. Hasil ini menandakan bahwa produk bahan ajar hasil penelitian dan pengembangan ini layak dilanjutkan pada tahap uji coba lapangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194160

Actions (login required)

View Item View Item