Pengembangan bahan ajar stoikiometri untuk siswa sma/ma kelas x berbasis process oriented guided inquiry learning (pogil) yang berorientasi berpikir kritis / Dany Tri Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar stoikiometri untuk siswa sma/ma kelas x berbasis process oriented guided inquiry learning (pogil) yang berorientasi berpikir kritis / Dany Tri Wulandari

Wulandari, Dany Tri Wulandari (2021) Pengembangan bahan ajar stoikiometri untuk siswa sma/ma kelas x berbasis process oriented guided inquiry learning (pogil) yang berorientasi berpikir kritis / Dany Tri Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abad ke-21 ditandai dengan semakin pesatnya pergerakan arus informasi baik dibidang ilmu pengetahuan teknologi maupun sosial-budaya. Hal ini menuntut setiap manusia memiliki keterampilan berpikir kritis untuk memilah menelaah memahami dan merespon informasi yang diterimanya dengan bijaksana. Untuk merespon tuntutan tersebut pemerintah menetapkan keterampilan berpikir kritis sebagai salah satu luaran pendidikan formal (Permendikbud No. 20 tahun 2016). Namun berbagai penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah. Oleh karena itu perlu upaya yang sungguh-sungguh guna meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Salah satu materi kimia yang memiliki bahan kajian yang dapat digunakan untuk melatihkan keterampilan-keterampilan berpikir kritis adalah stoikiometri. Penelitian ini berupaya meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa melalui pengembangan bahan ajar berbasis POGIL dengan memasukkan unsur-unsur keterampilan berpikir kritis sebagai pengalaman belajar siswa yaitu dengan mengembangkan bahan ajar Stoikiometri untuk siswa SMA/MA kelas X berbasis Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) berorientasi berpikir kritis serta mengetahui kelayakan bahan ajar tersebut. Penelitian ini menggunakan model 4-D (four-d-models) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu define (pendefinisian) design (perancangan) develop (pengembangan) dan disseminate (penyebarluasan). Namun karena keterbatasan waktu dan biaya maka pengembangan bahan ajar ini hanya akan dilakukan sampai tahap develop yaitu uji validitas ahli dan uji keterbacaan oleh siswa. Validator terdiri dari 1 dosen dan 2 guru kimia SMA/MA sedangkan uji keterbacaan dilakukan oleh siswa yang telah mempelajari materi stoikiometri di kelas. Terdapat dua jenis data yang diperoleh dari hasil validasi dan uji keterbacaan yaitu berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data-data tersebut selanjutnya akan digunakan sebagai pedoman untuk meningkatkan kualitas bahan ajar. Berdasarkan penghitungan rata-rata validasi bahan ajar dari 3 validator ahli menunjukkan hasil 84 86% (sangat layak) sedangkan untuk uji keterbacaan siswa diperoleh hasil 87 73% (sangat layak) yang menunjukkan bahwa bahan ajar layak untuk digunakan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194158

Actions (login required)

View Item View Item