Pengembangan multimedia interaktif berbasis android dengan latihan soal disertai corrective feedback video sebagai upaya untuk membantu siswa sma memahami materi gerak lurus / ANA KINANTI - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif berbasis android dengan latihan soal disertai corrective feedback video sebagai upaya untuk membantu siswa sma memahami materi gerak lurus / ANA KINANTI

Kinanti, Ana Kinanti (2021) Pengembangan multimedia interaktif berbasis android dengan latihan soal disertai corrective feedback video sebagai upaya untuk membantu siswa sma memahami materi gerak lurus / ANA KINANTI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gerak lurus merupakan salah satu materi fisika yang penting untuk dipelajari dan dipahami karena merupakan materi tentang gerak yang paling dasar atau fundamental dalam fisika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan multimedia interaktif berbasis android dengan latihan soal disertaii corrective feedback video pada materi gerak lurus. Pada penelitian ini digunakan model penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R amp D) dengan metode 4D. Tahapan-tahapan 4D meliputi Define Design Development Desminate. Pada penelitian ini tahapan yang dilakukan hanya sampai pada tahap development karena hanya dilakukan sampai uji coba terbatas yang meliputi validasi ahli dan uji keterbacaan. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA kelas X jurusan IPA di salah satu SMA Negeri di Kota Malang yang sudah menempuh materi gerak lurus. Dari hasil uji validasi oleh ahli materi dan media diperoleh persentase hasil rata-rata untuk isi media sebesar 93 77% dengan kriteria sangat valid dan tanpa revisi. Hal tersebut menunjukkan bahwa materi yang ditampilkan telah sesuai dan sesuai dengan kurikulum sehingga sesuai untuk menunjang belajar siswa. Pada hasil uji validasi latihan soal konsep gerak lurus dengan corrective feedback diperoleh persentase rata-rata dengan rentang 85 01%-100 00% pada setiap soal dengan kriteria sangat valid. Hal tersebut menunjukkan bahwa latihan soal dan corrective feedback tersebut layak untuk dimuat dalam produk yang dikembangkan dan layak digunakan siswa untuk mempelajari konsep gerak lurus. Pada hasil uji validasi konstruk diperoleh persentase rata-rata 94 87% dengan kriteria sangat valid dan tanpa revisi yang menunjukkan media yang dikembangkan menarik dan mudah dioperasikan. Dari hasil uji kepraktisan diperoleh persentase rata-rata sebesar 98 53% sehingga produk yang dikembangkan tergolong sangat praktis dan layak digunakan untuk menunjang siswa SMA dalam belajar fisika materi gerak lurus baik secara mandiri atau digunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194141

Actions (login required)

View Item View Item