Identifikasi pemahaman konsep mahasiswa pada topik medan magnet : ditinjau dari level pemahaman dan teori resource / Wardhatur Rokhmatul Mauludiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi pemahaman konsep mahasiswa pada topik medan magnet : ditinjau dari level pemahaman dan teori resource / Wardhatur Rokhmatul Mauludiyah

Mauludiyah, Wardhatur Rokhmatul (2021) Identifikasi pemahaman konsep mahasiswa pada topik medan magnet : ditinjau dari level pemahaman dan teori resource / Wardhatur Rokhmatul Mauludiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi level pemahaman konsep yang dialami oleh Mahasiswa Jurusan Fisika pada topik medan magnet ditinjau dari level pemahaman dan teori resource yang teraktivasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan instrumen tes pemahaman konsep yang terdiri dari 5 soal pilihan ganda beralasan pada topik medan magnet. Penelitiaan dilakukan pada 67 mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah Fisika dasar III. Data berupa jawaban mahasiswa dianalisis berdasarkan level pemahaman dan teori resource yang mencakup pemahaman mantap pemahaman sebagian pemahaman sebagian dengan miskonsepsi spesifik miskonsepsi dan tidak paham terkait topik tersebut. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang mengalami pemahaman konsep terkait medan magnet yaitu memiliki kategori sangat rendah. Hal ini diindikasi dari rata-rata skor yang diperoleh yaitu 41 8. Resource yang teraktivasi pada nomor 1 dan 5 mahasiswa yang menjawab mengetahui langkah dalam menyelesaikan soal menggunakan kaidah tangan kanan namun belum paham dalam menentukan arah bahkan nilai medan magnet pada kawat lurus maupun kawat melingkar. Hasil pemahaman konsep ditinjau dari level pemahaman konsep yaitu dari 67 mahasiswa fisika dalam menjawab 5 soal pilihan ganda hanya 29 anak atau 43 3% yang memiliki pemahaman mantap (PM) Pemahaman Sebagian (PS) 0% Pemahaman Sebagian dengan Miskonsepsi Spesifik (PSMS) 25 4% (17 anak) Miskonsepsi Spesifik (MS) 14 9% (10 anak) dan Tidak Paham (TP) 16 4% (11 anak) pada soal nomor 1. Sedangkan pada nomor 5 Pemahaman Mantap (PM) 4 48% (3 anak) Pemahaman Sebagian (PS) 4 48% (3 anak) Pemahman Sebagian dengan Miskonsepsi Spesifik (PSMS) 4 48 % (3 anak) Miskonsepsi Spesifik (MS) 2 98 % (2 anak) dan Tidak Paham (TP) 83 6% (56 anak).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194129

Actions (login required)

View Item View Item