Pengembangan program resitasi dengan feedback berupa video berbasis komputer sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep dinamika rotasi untuk mahasiswa / Agustin Kholifatul Umroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan program resitasi dengan feedback berupa video berbasis komputer sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep dinamika rotasi untuk mahasiswa / Agustin Kholifatul Umroh

Umroh, Agustin Kholifatul Umroh (2021) Pengembangan program resitasi dengan feedback berupa video berbasis komputer sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep dinamika rotasi untuk mahasiswa / Agustin Kholifatul Umroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan program resitasi dengan feedback berupa video berbasis komputer pada materi dinamika rotasi. Jenis penelitiannya adalah Research and Development (R amp D) dengan metode Thiagarajan (4D). Tahapan-tahapannya meliputi define design development dan disseminate. Namun penelitian ini tidak sampai tahap disseminate. Subjek penelitiannya adalah 26 mahasiswa fisika Universitas Negeri Malang yang menempuh mata kuliah fisika dasar 1 terutama materi dinamika rotasi. Program resitasi yang dikembangkan oleh peneliti berisi 25 soal konseptual materi dinamika rotasi yang terdiri dari 6 paket yaitu kinematika rotasi torka momen inersia momentum sudut energi rotasi dan gerak menggelinding. Setiap opsi jawaban baik benar maupun salah diberikan feedback. Data penelitian diperoleh dari hasil validasi tampilan dan materi oleh validator angket kebergunaan dan persepsi oleh mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh presentase validasi tampilan sebesar 92 19 % sehingga termasuk dalam kategori sangat valid dan presentase validasi materi sebesar 93 21% sehingga termasuk ke dalam kategori sangat valid. Sedangkan hasil angket respon kebergunaan yang diberikan kepada mahasiswa menunjukkan bahwa program resitasi dapat memperkuat pemahaman konsep mahasiswa dan memperbaiki kesalahan konsep yang dialami mahasiswa. Program yang dikembangkan juga mudah digunakan dan dioperasikan. Dengan begitu mahasiswa merasa lebih bersemangat dalam belajar fisika. Lebih lanjut berdasarkan angket persepsi mahasiswa diperoleh rata-rata presentase kepraktisan sebesar 93 42% sehingga dinyatakan praktis. Saran untuk penelitian ke depannya adalah feedback tidak hanya diberikan pada opsi jawaban benar melainkan pada opsi jawaban salah juga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194124

Actions (login required)

View Item View Item