Implementasi program resitasi berbasis multirepresentasi untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada materi kinematika 1 dimensi prodi pendidikan fisika / Icang Syarbila - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi program resitasi berbasis multirepresentasi untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada materi kinematika 1 dimensi prodi pendidikan fisika / Icang Syarbila

Syarbila, Icang Syarbila (2021) Implementasi program resitasi berbasis multirepresentasi untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada materi kinematika 1 dimensi prodi pendidikan fisika / Icang Syarbila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan program resitasi berbasis multirepresentasi untuk peningkatan pemahaman konsep mahasiswa pada materi kinematika 1 dimensi dan untuk mengetahui kesulitan yang masih dialami mahasiswa setelah menggunakan program resitasi berbasis multirepresentasi. Desain penelitian ini menggunakan embedded experimental model dengan jenis eksperimen one group pretest-posttets design. Peningkatan pemahaman konsep mahasiswa materi kinematika 1 dimensi setelah menggunakan program resitasi diketahui melalui hasil pretest dan posttest dalam bentuk soal pilihan ganda. Pretest diberikan kepada mahasiswa yang sudah selesai membahas materi kinematika 1 dimensi selanjutnya dilaksanakan posttest setelah mahasiswa menggunakan program resitasi selama 2 minggu. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Fisika sebanyak 50 mahasiswa Universitas Negeri Malang yang sedang menempuh perkuliahan Fisika Dasar 1. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep secara signifikan dengan nilai t -8 32 dan nilai sig. 0 00. Dampak penggunaan program resitasi berbasis multirepresentasi terhadap peningkatan pemahaman konsep mahasiswa sangat besar ditunjukkan dari nilai N-gain sebesar 0 35 dan nilai effect size sebesar 1 18. Peningkatan tertinggi pemahaman konsep mahasiswa terjadi pada konsep kecepatan rata-rata dengan representasi verbal serta konsep jarak dan perpindahan dengan representasi matematis. Walaupun demikian pada penelitian ini masih ditemukan kesulitan yang masih dialami oleh mahasiswa yakni pada konsep perpindahan dan kecepatan pada gerak lurus beraturan dengan representasi verbal. Kesulitan tersebut disebabkan oleh tidak tersimpannya pengetahuan dalam memori jangka panjang sehingga mahasiswa sulit dalam menerapkan konsep perpindahan dan kecepatan pada gerak lurus beraturan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194122

Actions (login required)

View Item View Item