Kemampuan argumentasi dan penguasaan konsep dinamika rotasi dengan pembelajaran inkuiri untuk pendidikan STEM pada siswa kelas XI SMAN 2 Malang / Fransiska Florensia Meo Roja - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan argumentasi dan penguasaan konsep dinamika rotasi dengan pembelajaran inkuiri untuk pendidikan STEM pada siswa kelas XI SMAN 2 Malang / Fransiska Florensia Meo Roja

Roja, Fransiska Florensia Meo (2020) Kemampuan argumentasi dan penguasaan konsep dinamika rotasi dengan pembelajaran inkuiri untuk pendidikan STEM pada siswa kelas XI SMAN 2 Malang / Fransiska Florensia Meo Roja. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dinamika rotasi adalah satu materi fisika yang dianggap sulit. Hal ini dibuktikan dengan penguasaan konsep siswa yang masih rendah terhadap materi ini yang dapat dilihat dari hasil analisis daya sertap pada ujian nasional dan sejumlah penelitian yang menyatakan terdapat banyak miskonsepsi pada materi ini. Oleh karena itu penguasaan konsep siswa pada materi ini perlu ditingkatkan. Penguasaan konsep siswa berhubungan dengan kemampuan argumentasi. Jika siswa memiliki kemampuan argumentasi yang baik penguasaan konsep siswa juga baik. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi adalah pembelajaran inkuiri yang diintegrsikan dengan pembelajaran STEM. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan argumentasi dan penguasaan konsep dinamika rotasi dengan pembalajaran inkuiri untuk pendidikan STEM pada siswa kelas XI. Penelitian ini menggunakan mixed method dengan model Explanatory dengan tiga tahapan. Pada tahap pertama peneliti mengumpulkan data kuantitatif melakukan analisis terhadap data tersebut dan menginterpretasikannya. Pada tahap kedua penelitian mengumpulkan data kualitatif melakukan analisis dan memperoleh hasil analisis data berupa peng-coding-an. Pada tahap ketiga peneliti menyajikan hasil data pada tahan satu dan dua dengan data tahap satu sebagai data pokok sementara data tahap dua sebagai data pendukung. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif untuk memperoleh hasil yang mendalam pada penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi siswa dengan menggunakan pembelajaran inkuiri untuk Pendidikan STEM. Hasil analisis data untuk kemampuan argumentasi menunjukkan bahwa kemampuan argumentasi siswa dapat dikategorikan Baik. Baik dalam kemampuan argumentasi tertulis maupun lisan. Hal ini diperoleh karena model pembelajaran yang baru diperoleh dapat merubah kemampuan argumentasi siswa. Kemampuan argumentasi secara tertulis memiliki nilai rata-rata 81 69. Sedangkan untuk kemampuan argumentasi secara lisan memiliki nilai rata-rata 82 64. Hasil analisis data untuk mengetahui penguasaan konsep siswa pada materi dinamika dan keseimbangan benda tegar dikategorikan masih kurang pengaruhnya karena diperoleh nilai rata-rata 58 98. Pembelajaran inkuiri untuk pendidikan STEM masih kurang berhasil untuk mengetahui penguasaan konsep siswa. Untuk peneliti selanjutnya Apabila menggunakan pembelajaran inkuiri untuk Pendidikan STEM sebaiknya memperhatikan pola belajar siswa dan juga membuat pembelajaran yang menarik sehingga siswa dapat diarahkan untuk mengikuti pembelajaran inkuiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194100

Actions (login required)

View Item View Item