Pengaruh model pembelajaran PBL-STEM berbantuan media simulasi virtual terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi alat-alat optik / Rini Tri Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran PBL-STEM berbantuan media simulasi virtual terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi alat-alat optik / Rini Tri Anggraini

Anggraini, Rini Tri (2020) Pengaruh model pembelajaran PBL-STEM berbantuan media simulasi virtual terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi alat-alat optik / Rini Tri Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Alat-alat optik merupakan salah satu materi fisika yang terdapat pada tingkat SMA dan erat kaitanya dengan kehidupan sehari-hari. Sehingga alat optik sangat penting untuk dipelajari oleh siswa karena manfaatnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun dalam mempelajarinya banyak siswa yang mengalami kesulitan. Kesulitan siswa pada materi ini mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah siswa. Alat-alat optik yang berkaitan dengan permasalahan kehidupan sehari-hari menyebabkan kemampuan pemecahan masalah siswa harus dilatih dan dibentuk untuk mengatasi permasalah-permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Dalam abad 21 kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang difokuskan dibangun dan dikembangkan pada diri siswa. Kesulitan siswa dalam mempelajari alat-alat optik dimungkinkan karena siswa tidak mengetahui bagaimana cara kerja dari alat-alat optik karena minimnya simulasi atau penggambaran secara riil. Oleh karena itu perlu adanya usaha yang melibatkan siswa dapat mengetahui fenomena yang sesuai atau sama dengan kenyataanya. Salah satu usahanya yakni dengan penggunaan media simulasi virtual. Model pembelajaran yang sesuai untuk memenuhi tuntutan abad 21 salah satunya ialah model pembelajaran PBL yang diintegrasikan dengan STEM. Suatu model pembelajaran yang di integrasikan dengan STEM diharapkan mampu dan lebih efektif dalam memecahkan masalah dalam permasalahan fisika. Peluang bagi guru untuk menunjukan kepada siswa bagaimana konsep prinsip dan teknik dari science technology engineering and mathematics digunakan dalam sebuah integrasi untuk mengembangkan produk proses dan sistem yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari disediakan pada pembelajaran STEM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembejaran menggunakan model pembelajaran PBL-STEM berbantuan media simulasi virtual dengan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini menggunakan model penelitian eksperimen semu atau quasi eksperiment dengan desain non-equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang dan sampel yang digunakan diperoleh dengan menggunakan teknik purposive random sampling yakni kelas XI Mipa 2 dan kelas XI Mipa 3. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah berupa 10 soal essay lembar observasi dan instrument perlakuan yakni rpp yang dilengkapi dengan LKPD. Analisis data menggunakan uji T independen dari hasil analisis data menunjukkan kelas yang menggunakan model pembelajaran PBL-STEM berbantuan media simulasi virtual memiliki nilai rata-rata post-test dan kelas yang menggunakan model pembelajaran PBL memiliki nilai rata-rata post-test 68 6. Hasil penelitian yang telah diperoleh menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran PBL-STEM berbantuan media simulasi virtual dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran PBL serta kemampuan pemecahan masalah siswa lebih meningkat dengan penerapan model pembelajaran PBL-STEM berbantuan media simulasi virtual daripada model pembelajaran PBL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194099

Actions (login required)

View Item View Item