Video interaktif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi kesetimbangan dan dinamika rotasi kelas XI SMAN 1 Malang / Neng Dyah Surya Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Video interaktif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi kesetimbangan dan dinamika rotasi kelas XI SMAN 1 Malang / Neng Dyah Surya Pratama

Pratama, Neng Dyah Surya (2020) Video interaktif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi kesetimbangan dan dinamika rotasi kelas XI SMAN 1 Malang / Neng Dyah Surya Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mata pelajaran fisika bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mengidentifikasi masalah dalam kehidupan sehari-hari dan mengambil keputusan menggunakan konsep-konsep fisika. Oleh karena itu tujuan mata pelajaran fisika dikatakan tercapai apabila ditekankan pada penguasaan konsep-konsep fisika. Pemahaman konsep yang baik sangat diperlukan terutama pada materi fisika yang fundamental salah satunya kesetimbangan dan dinamika rotasi. Materi ini sangat penting untuk dipahami karena sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Kenyataannya masih banyak siswa kesulitan dalam menguasai materi kesetimbangan dan dinamika rotasi. Salah satunya siswa memahami bahwa benda yang berputar mengelilingi sumbu dan memiliki jarak lebih besar terhadap sumbu memiliki kecepatan sudut yang lebih besar dibandingkan dengan yang jarak dengan sumbunya lebih kecil. Salah satu cara untuk membantu siswa terhindar dari kesulitan-kesulitan tersebut sekaligus untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa. Peneliti mengembangkan media sebagai sarana pendalaman materi dan alat evaluasi diri yang berisi soal-soal latihan yang disertai balikan dan dikemas dalam bentuk video interaktif. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas video interaktif yang telah dikembangkan terhadap pemahaman konsep siswa pada materi kesetimbangan dan dinamika rotasi.Dan mengetahui kesulitan-kesulitan yang masih dimiliki siswa pada materi kesetimbangan dan dinamika rotasi meskipun siswa telah menggunakan video interaktifyang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen mixed-methodsembedded experimental model. Dimana (1) siswa diberi pretest (2) Setelah itu siswa diberikan video interaktif (3) Lalu setelah menggunakan media siswa diberikan posttest (4) setelah itu dilakukan wawancara dan penyebaran lembar angket. Jenis data penelitian ini terdiri dari data kuantitatif dan kualitatif untuk menjawab pertanyaan penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes penguasaan konsep resume video interaktif lembar angket dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan pertama video interaktifyang telah dikembangkan efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi kesetimbangan dan dinamika rotasi. Hal ini dapat dilihat dari skor pretest dan posttest. Terdapat perbedaan dalam kategori sangat besar antara skor pretest dan posttest (d-effect size 1.29) dengan skor prosttest lebih tinggi dari skor pretest. Peningkatan skor pretest ke posttest tergolong dalam kategori cukup tinggi dengan nilai gain ternormalisasi kelas sebesar 0.3016. Selain itu video interaktifyang dikembangkan ini efektif memfasilitasi semua siswa meningkatkan penguasaan konsepnya baik siswa yang mendapatkan skor tinggi maupun skor rendah pada pretest. Semua siswa mengalami peningkatan gain skor yang setara yang ditunjukkan oleh kesamaan antara gain ternormalisasi dari rata-rata kelas dan rata rata dari gain ternormalisasi setiap individu . Uji korelasi terhadap skor pretest dan posttest menunjukkan adanya korelasi yang signifikan p 0 000 dengan nilai korelasi positif yang tinggi. Kedua kesulitan kesulitan yang masih dimiliki beberapa siswa terkait materi kesetimbangan dan dinamika rotasi setelah menggunakan video interaktif antara lain dalam hal (1) Kesulitan dalam menganalisis dan menggambarkan arah percepatan sudut pada bandul (2) Kurang memahami konsep kinematika rotasi pada bandul

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194088

Actions (login required)

View Item View Item