Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing pada materi luas dan keliling bangun datar segitiga dan segiempat untuk kelas VII SMP Negeri 12 Malang / Endang Wahyu Ningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing pada materi luas dan keliling bangun datar segitiga dan segiempat untuk kelas VII SMP Negeri 12 Malang / Endang Wahyu Ningsih

Ningsih, Endang Wahyu (2020) Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing pada materi luas dan keliling bangun datar segitiga dan segiempat untuk kelas VII SMP Negeri 12 Malang / Endang Wahyu Ningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ningsih Endang Wahyu. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Inkuiri Terbimbing pada Materi Luas dan Keliling Bangun Datar Segitiga dan Segiempat Untuk Kelas VII SMP Negeri 12 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Slamet Drs M.Si Kata Kunci pengembangan inkuiri terbimbing perangkat pembelajaran luas dan keliling segitiga luas dan keliling segiempat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing untuk membangun pemahaman konsep siswa kelas VII di SMP Negeri 12 Malang yang memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian yang didesain oleh Plomp yang terdiri dari lima fase yaitu fase investigasi awal fase desain fase realisasi/konstruksi fase tes evaluasi dan revisi serta fase implementasi. Subjek yang digunakan untuk uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-G SMP Negeri 12 Malang yang berjumlah 30 siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP LKS soal tes serta instrument penelitian yang berupa lembar validasi lembar observasi aktivitas guru dan siwa serta angket repon siswa. Perangkat pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing ini memuat 6 kegiatan yaitu (1) penyajian masalah (2) membuat hipotesis (3) merangcang percobaan (4) melakukan percobaan (5) mengumpulkan data dan (6) menarik kesimpulan. Dengan kegiatan-kegiatan yang terdapat dalam perangkat pembelajaran diharapkan dapat membantu siswa dalam membangun konsep dengan lebih mandiei terhadap materi luas dan keliling bangun datar segitiga dan segiempat. Berdasarkan uji kevalidan oleh validator ahli dan validator praktisi disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari RPP memperoleh skor sebesar LKS memperoleh skor sebesar dan soal tes memperoleh skor telah memenuhi kriteria valid. Untuk menentukan kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran dilakukan uji coba. Kepraktisan perangkat diperoleh dari pengisian lembar observasi aktivitas guru yang memenuhi kriteria kepraktisan sebesar lembar observasi aktivitas siswa yang memenuhi kriteria kepraktisan sebesar . Keefektifan perangkat pemelajaran diperoleh dari pengisian angket respon siswa yang memnuhi kriteria keefektifan sebesar dan nilai akhir siswa dengan presentase sebesar . Berdasarkan uji keefektifan dan kepraktisn disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis dan efektif sehingga perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194076

Actions (login required)

View Item View Item