Pengembangan lembar kerja siswa matematika berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi luas bangun datar segiempat SMP kelas VII / Yus Ria - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja siswa matematika berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi luas bangun datar segiempat SMP kelas VII / Yus Ria

Ria, Yus (2020) Pengembangan lembar kerja siswa matematika berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi luas bangun datar segiempat SMP kelas VII / Yus Ria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ria Y. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Luas Bangun Datar Segiempat SMP kelas VII. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Sukoriyanto Dr M.Si Kata Kunci Contextual Teaching and Learning (CTL) LKS Bangun Datar Segiempat Peran seorang pendidik di kurikulum 2013 adalah menciptakan kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan memberikan dorongan kepada siswa untuk aktif saat pembelajaran berlangsung. Penelitian pengembangan LKS ini dilakukan dengan latar belakang beberapa guru masih belum mengembangkan LKS sendiri dan LKS yang digunakan adalah LKS yang diperoleh dari penerbit buku yang berisi ringkasan materi dan kumpulan soal-soal. Metode pembelajaran yang digunakan guru adalah ceramah dan metode pembelajaran tersebut belum memenuhi kriteria pembelajaran kurikulum 2013 dalam mengembangkan kemampuan siswa dalam mengkonstruk ataupun mengekplor pengetahuan siswa dan metode pembelajaran yang digunakan membuat beberapa siswa merasa bosan yang menyebabkan perhatian mereka teralihkan. Pengembangan LKS berbasis CTL dilakukan untuk memberikan solusi dari beberapa permasalahan yang ada. LKS berbasis CTL yang dihasilkan dapat membantu siswa mengaitkan materi yang diajarkan dengan kehidupan sehari-hari dan LKS berbasis CTL juga dapat mendorong siswa aktif dalam pembelajaran dengan kegiatan-kegiatan yang diinstruksikan pada LKS. Model penelitian pengembangan LKS ini menggunakan model 4-D. Tahapan model 4-D yaitu define design develop dessiminate. Namun penelitian ini telah memodifikasi 4-D menjadi 3-D yaitu define design develop karena peneliti tidak meneliti keefektifan LKS yang dikembangkan pada skala yang lebih luas maka peneliti tidak menggunakan tahap dessiminate. Penelitian ini melakukan uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh dua validator yaitu satu dosen ahli dan satu orang praktisi yaitu guru matematika SMP Negeri 1 Tempursari. Setelah LKS dinyatakan valid LKS diujicobakan kepada enam siswa yang akan menempuh materi luas bangun datar segiempat secara daring. Uji kepraktisan dilakukan oleh siswa dengan menggunakan angket respon siswa yang diisi oleh enam orang siswa yang telah mengikuti ujicoba. Sedangkan uji keefektifan dilaksanakan dengan menggunakan soal tes yang diikuti oleh siswa yang telah menggunakan produk yang dikembangkan. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yaitu (1) uji kevalidan LKS dinyatakan valid berdasarkan skor 3 48 dengan kriteria valid (2) uji kepraktisan dinyatakan praktis berdasarkan skor angket respon siswa 3 43 dengan kriteria praktis (3) uji keefektifan berdasarkan hasil tes menunjukkan siswa mendapatkan nilai diatas KKM atau diatas 65. Dengan demikian Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Bangun Datar Segiempat SMP Kelas VII dinyatakan valid praktis dan efektif. Penguji Utama Dra. Ety Tejo Dwi Cahyowati M. Pd NIP. 196203181990022001 Penguji I Dr. Sukoriyanto M.Si. NIP. 19670119 199103 1 001 Peguji II Rini Nurhakiki Dra M.Pd NIP. 19560320 19820 2 001

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194075

Actions (login required)

View Item View Item