Penerapan model pembelajaran ttw (think talk write) untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas VII SMP Negeri 10 Malang / Desy Octavianti Amin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran ttw (think talk write) untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas VII SMP Negeri 10 Malang / Desy Octavianti Amin

Amin, Desy Octavianti (2020) Penerapan model pembelajaran ttw (think talk write) untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas VII SMP Negeri 10 Malang / Desy Octavianti Amin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu manfaat pembelajaran matematika adalah agar siswa mampu menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang sering disajikan dalam bentuk soal cerita. Siswa dapat dikatakan memiliki kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika ketika siswa mampu untuk memahami permasalahan merencanakan strategi penyelesaian menjalankan strategi penyelesaian serta menyimpulkan jawaban. Kenyataannya masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Berdasarkan hasil pengamatan pada pra tindakan didapatkan bahwa kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 10 Malang dalam menyelesaikan soal cerita matematika masih rendah. Nilai rata-rata keseluruhan hasil tes soal cerita siswa hanya sebesar 49 04 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 12 5% (3 siswa tuntas KKM). Masih banyak siswa yang belum mampu memahami permasalahan dengan baik sebab masih salah dalam menuliskan apa yang diketahui serta ditanyakan pada soal. Siswa masih keliru dalam menentukan rumus yang akan digunakan sebagai strategi penyelesaian. Siswa juga masih keliru saat melakukan proses hitung dalam menjalankan strategi sehingga hasil jawaban akhir mereka menjadi salah. Siswa juga masih sering lupa untuk menuliskan simpulan dari jawaban akhir tersebut. Salah satu upaya mengatasi permasalahan ini adalah melalui penerapan model pembelajaran TTW. Penelitian dengan jenis penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SMP Negeri 10 Malang kepada 24 siswa kelas VII. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan pengamatan serta refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian berupa RPP lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa serta tes (soal cerita). Data hasil penelitian yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dan disajikan ke dalam persentase dengan menggunakan analisis aktivitas guru analisis aktivitas siswa. analisis hasil tes serta analisis kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Berdasarkan hasil analisis penelitian didapatkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TTW untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa yaitu (1) sebelum memulai pembelajaran guru menginstruksikan bahwa pembelajaran akan dimulai jika seluruh siswa diam dan tenang lalu memeriksa kehadiran siswa satu per satu serta memberikan siswa kesempatan untuk bertanya sebelum memasuki materi (2) pada tahap think siswa diberikan soal cerita pada lembar think secara individu. Siswa memahami masalah dengan menuangkan informasi serta yang ditanyakan pada soal ke dalam gambar atau model matematika lalu menjelaskan secara tertulis bagaimana rancangan penyelesaian soal tersebut. Siswa akan diberikan LKS individu di mana siswa akan berlatih untuk menemukan rumus atau konsep serta bagaimana proses perhitungan menggunakan rumus atau konsep tersebut (3) pada tahap talk siswa mendiskusikan ide-ide individu mereka pada hasil pengerjaan lembar think dan LKS dalam kelompok masing-masing. Siswa saling menanggapi pendapat temannya hingga didapatkan hasil akhir diskusi kelompok mereka. Kelompok penyaji mempresentasikan hasil kelompok mereka kemudian ditanggapi oleh kelompok wajib bertanya serta kelompok audiens (4) pada tahap write siswa akan mengolah dan menuangkan hasil simpulan diskusi ke dalam tulisan secara individu. Siswa menyimpulkan hasil jawaban akhir yang disesuaikan dengan apa yang ditanyakan pada soal tersebut ke dalam kalimat. Lalu siswa memastikan semua pekerjaan mereka telah terisi secara lengkap serta (5) sebelum kegiatan penutupan guru membimbing siswa untuk membahas hasil pengerjaan lembar think tersebut secara langsung saat tatap muka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194070

Actions (login required)

View Item View Item