Pengembangan lembar kegiatan siswa berbasis pendekatan saintifik pada materi peluang untuk siswa kelas VIII SMP / Roro A'isyah Kharismawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kegiatan siswa berbasis pendekatan saintifik pada materi peluang untuk siswa kelas VIII SMP / Roro A'isyah Kharismawati

Kharismawati, Roro A'isyah (2020) Pengembangan lembar kegiatan siswa berbasis pendekatan saintifik pada materi peluang untuk siswa kelas VIII SMP / Roro A'isyah Kharismawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam kurikulum 2013 yang diterapkan di Indonesia menekankan penggunaan pendekatan saintifik. Berdasarkan hasil observasi dalam proses pembelajaran di SMP Laboratorium UM guru menggunakan buku paket kurikulum 2013 sebagai sumber belajar dan LKS sebagai rangkuman serta latihan soal. Ketika proses pembelajaran dilakukan di rumah masing-masing bahan ajar mata pelajaran matematika di SMP Laboratorium UM belum dikembangkan sehingga guru hanya meminta siswa belajar mandiri kemudian diberi tugas. Oleh karena itu peneliti mencoba untuk mengembangkan dan mendesain Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang dapat digunakan siswa pada sistem pembelajaran daring maupun luring dengan kriteria valid praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan dalam mengembangkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yaitu model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase (Plomp 2007) yaitu (1) penelitian awal (2) fase pengembangan prototipe dan (3) fase penilaian. Uji kevalidan dilakukan oleh dua validator yaitu dosen matematika Universitas Negeri Malang dan guru matematika SMP Laboratorium UM. Uji kepraktisan dinilai menggunakan lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi kegiatan siswa yang diisi oleh dua observer serta angket respon siswa yang diisi oleh 17 orang siswa kelas VIII. Uji keefektifan dilakukan dengan menggunakan soal tes yang dikerjakan oleh 17 orang siswa SMP Laboratorium UM kelas VIII yang telah melakukan pembelajaran menggunakan LKS yang dikembangkan. Hasil yang diperoleh pada uji kevalidan menunjukkan kriteria valid untuk LKS dengan skor kevalidan 3 4 dan RPP menunjukkan kriteria valid dengan skor kevalidan 3 63. Hasil yang diperoleh pada uji kepraktisan menunjukkan kriteria praktis berdasarkan lembar observasi kegiatan guru dengan skor kepraktisan 3 46 lembar observasi kegiatan siswa dengan skor kepraktisan 3 36 menunjukkan kriteria praktis dan berdasarkan angket respon siswa dengan skor 3 7 menunjukkan kriteria praktis. Hasil tes untuk menguji keefektifan menunjukkan 88 2% siswa berhasil mendapatkan nilai lebih dari atau sama dengan 75. Maka dari itu LKS berbasis pendekatan saintifik pada materi peluang untuk siswa kelas VIII SMP yang dikembangkan dinyatakan valid praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194066

Actions (login required)

View Item View Item