Kesalahan siswa kelas VII dalam memahami materi operasi bilangan bulat dan scaffoldingnya / Zakiatul Muawanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesalahan siswa kelas VII dalam memahami materi operasi bilangan bulat dan scaffoldingnya / Zakiatul Muawanah

Muawanah, Zakiatul (2021) Kesalahan siswa kelas VII dalam memahami materi operasi bilangan bulat dan scaffoldingnya / Zakiatul Muawanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Operasi bilangan merupakan konsep dasar matematika yang berlaku di setiap pemecahan masalah matematika. Dalam menyelesaikan permasalahan-pemasalahan yang ada pada operasi bilangan bulat ditemukan siswa yang melakukan kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan siswa dalam memahami konsep operasi bilangan. Dalam prosesnya perlu diterapkan analisa terkait pemahaman siswa pada saat proses pembelajaran materi tersebut berlangsung. Metode yang dinilai sesuai dengan tujuan penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari hasil tes observasi dan wawancara. Dari penelitian ini didapatkan bahwa kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa meliputi kesalahan dalam memahami konsep bilangan negatif kesalahan dalam memahami aturan operasi bilangan serta kecerobohan / ketidaktelitian siswa dalam menyelesaikan permasalahan. Pemberian scaffolding diperlukan untuk mengatasi kesalahan-kesalahan tersebut salah satunya yaitu penggunaan scaffolding Kartu Bilangan Positif dan Negatif (KOTIF).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194005

Actions (login required)

View Item View Item