Penerapan pembelajaran flipped classroom untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa smpn 21 malang pada masa pandemi / Christina Agri Bondhasa - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran flipped classroom untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa smpn 21 malang pada masa pandemi / Christina Agri Bondhasa

Bondhasa, Christina Agri (2021) Penerapan pembelajaran flipped classroom untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa smpn 21 malang pada masa pandemi / Christina Agri Bondhasa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan ketika seluruh sekolah melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang disebabkan oleh pandemi COVID-19. Pembelajaran matematika yang kurang efektif menyebabkan hasil belajar siswa cenderung menurun khususnya dalam ranah kognitif. Beberapa faktor yang memengaruhi antara lain bahan pembelajaran waktu belajar dan proses belajar. Salah satu model pembelajaran yang sesuai diterapkan berdasar kondisi tersebut yaitu flipped classroom yang memungkinkan siswa belajar secara mandiri terlebih dahulu di luar kelas menggunakan materi yang dikirim oleh guru sebelumnya baru kemudian melakukan diskusi dan berlatih soal di dalam kelas disertai bimbingan guru. Langkah pembelajaran flipped classroom yang diterapkan memiliki empat tahap yaitu pembelajaran fleksibel pembelajaran aktif bantuan terbimbing dan tugas terstruktur. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 21 Malang pada kelas VII.2 angkatan 2020/2021. Penelitian dilakukan menggunakan materi geometri segitiga dan segi empat berlangsung pada bulan Maret hingga April 2021 yang terdiri dari satu tahap pra-siklus dan dua tahap siklus. Perangkat pembelajaran yang digunakan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) materi softfile dan video pembelajaran serta bahan diskusi latihan soal. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan meliputi soal pilihan ganda soal penilaian harian angket siswa dan lembar observasi kegiatan pembelajaran juga lembar validasi terhadap seluruh perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran flipped classroom tersebut dapat meningkatkan nilai rata-rata siswa pada materi geometri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193997

Actions (login required)

View Item View Item