Profil keyakinan matematis siswa kelas X SMKN 8 Malang dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel yang memuat nilai mutlak / Amanatul Haqqil Ibad - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil keyakinan matematis siswa kelas X SMKN 8 Malang dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel yang memuat nilai mutlak / Amanatul Haqqil Ibad

Ibad, Amanatul Haqqil (2021) Profil keyakinan matematis siswa kelas X SMKN 8 Malang dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel yang memuat nilai mutlak / Amanatul Haqqil Ibad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keberhasilan belajar tidak hanya ditentukan dari kemampuan kognitif atau ukuran pengetahuan siswa saja. Kemampuan psikomotorik dan afektif juga memengaruhi keberhasilan belajar siswa. Dalam pembelajaran matematika kemampuan afektif yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan belajar siswa adalah keyakinan matematis. Keyakinan matematis merupakan pandangan terhadap sifat-sifat natural dan tugas-tugas matematika yang dipengaruhi oleh aspek-aspek tertentu. Aspek-aspek yang memengaruhi keyakinan matematis siswa antara lain tingkat pemahaman dan lingkungan sosial siswa. Keyakinan matematis siswa akan memengaruhi kemampuan-kemampuan matematis siswa seperti kemampuan dalam menyelesaikan masalah matematika. Akan tetapi pentingnya keberadaan keyakinan matematis tersebut tidak sebanding dengan tingkat keyakinan matematis yang ada pada diri siswa itu sendiri. Hal ini ditunjukkan dengan sikap keragu-raguan siswa terhadap penyelesaian masalah yang diberikan. Oleh karena itu perlu untuk mengetahui profil keyakinan matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika sehingga menjadi evaluasi dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif observasional. Subjek penelitian terdiri dari tiga orang siswa Kelas X SMKN 8 Malang yang secara berturut-turut merupakan siswa berkemampuan kognitif rendah sedang dan tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi tes angket dan wawancara. Materi pada tes adalah Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel yang Memuat Nilai Mutlak. Sedangkan teknik analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan pengecekan keabsahan data berupa triangulasi atau membandingkan dan memeriksa ulang hasil wawancara hasil angket dengan hasil tes. Penyelesaian masalah pengerjaan tes dalam penelitian dianalisis berdasarkan langkah penyelesaian masalah Polya memahami masalah merencanakan penyelesaian masalah melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali. Sedangkan profil keyakinan matematis siswa dianalisis berdasarkan aspek keyakinan matematis oleh Eynde amp Corte (1) keyakinan matematis terhadap pendidikan matematika dengan indikator keyakinan siswa mengenai matematika pembelajaran dan pengajaran matematika dan penyelesaian masalah matematika (2) diri sendiri dengan indikator keyakinan mengenai harga tugas dan tentang self efficacy dan (3) konteks sosial dengan indikator keyakinan tentang norma sosial matematik dan peran serta fungsi guru dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keyakinan matematis siswa berkemampuan kognitif rendah sedang dan tinggi adalah bervariatif (1) keyakinan matematis siswa dengan kemampuan kognitif rendah cenderung belum memenuhi lebih dari setengah detail indikator keyakinan matematis. Profil keyakinan matematis tersebut ditunjukkan dengan siswa yang cenderung memilah-milah materi saat belajar sehingga tidak dapat memahami permasalahan ketika dihadapkan soal. Siswa juga tidak dapat merencanakan dan melakukan penyelesaian dengan baik. Selain itu siswa mengaku membuka literatur selama pengerjaan soal. Meskipun demikian siswa tidak bisa menyampaikan kesimpulan jawaban dan ditemui ketidaksinkronan keyakinan siswa terhadap penyelesaian dengan hasil akhirnya padahal siswa mengaku telah melakukan pemeriksaan ulang (2) keyakinan matematis siswa dengan kemampuan kognitif sedang cenderung memenuhi lebih dari setengah detail indikator aspek keyakinan matematis. Profil keyakinan matematis tersebut ditunjukkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran di kelas dengan baik. Siswa dapat memahami permasalahan merencanakan penyelesaian dan merealisasikannya dengan cukup baik. Siswa cenderung mengikuti hafalan pola dari hasil pembelajarannya dengan guru di kelas. Siswa melakukan pemeriksaan ulang dan mampu menyampaikan kesimpulan jawaban meski siswa tidak mengetahui alasan secara mendasar dalam kesimpulan yang diberikan. Terdapat kesinkronan keyakinan siswa terhadap penyelesaian dengan hasil akhirnya (3) keyakinan matematis siswa dengan kemampuan kognitif tinggi cenderung memenuhi lebih dari setengah detail indikator keyakinan matematis. Profil keyakinan matematis tersebut ditunjukkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran di kelas dengan baik dan menambah wawasannya dengan belajar melalui media lainnya. Siswa dapat memahami permasalahan merencanakan penyelesaian dan merealisasikannya dengan baik tapi ragu-ragu terhadap kebenaran penyelesaian maupun hasil akhirnya. Siswa dapat menyampaikan kesimpulan jawaban disertai alasan yang cukup mendasar. Namun siswa tidak melakukan pemeriksaan ulang sehingga timbul keraguan terhadap beberapa penyelesaian dan hasil akhir dalam pekerjaannya. Terdapat kesinkronan keyakinan siswa terhadap penyelesaian dengan hasil akhirnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193995

Actions (login required)

View Item View Item