Penerapan pembelajaran make a match untuk meningkatkan hasil belajar materi statistika pada siswa kelas VIII di SMPN 8 Malang /Annisa Nurina Vidyastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran make a match untuk meningkatkan hasil belajar materi statistika pada siswa kelas VIII di SMPN 8 Malang /Annisa Nurina Vidyastuti

Vidyastuti, Annisa Nurina (2021) Penerapan pembelajaran make a match untuk meningkatkan hasil belajar materi statistika pada siswa kelas VIII di SMPN 8 Malang /Annisa Nurina Vidyastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu Permasalahan yang ada di SMPN 8 Malang adalah hasil belajar siswa yang masih rendah pada mata pelajaran matematika. Hal ini menuntut sekolah untuk mencari opsi untuk menyelesaikan masalah tersebut salah satu caranya ialah menerapkan model pembelajaran yang dinilai dapat membuat hasil belajar siswa meningkat dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih menyenangkan meskipun secara daring. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan keadaan sekolah adalah make a match. Hal tersebut dikarenakan siswa menginginkan pembelajaran yang menyenangkan dan make a match dinilai dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif make a match pada pembelajaran daring materi statistika yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII-H SMPN 8 Malang. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari awal hingga akhir siklus pada siklus I 77 27% dan pada siklus II meningkat menjadi 88%. Tindakan guru yang dinilai meningkatkan hasil belajar siswa ialah mengaitkan materiapembelajaranadengan aplikasi di kehidupanasehari-hari pada tahap present information pemberian penguatan dan kesimpulan di kegiatan penutup pembelajaran pemberian reward terhadap setiap aktivitas siswa khususnya pada tahap provide recognition serta kegiatan pembelajaran yang dikemas secara menyenangkan dengan pemanfaatan platform pembelajaran daring yang baik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi statistika .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193991

Actions (login required)

View Item View Item