Perkembangan pembelajaran tari jaranan sambernyawa di sanggar guyubing budaya kota Blitar tahun 2000-2019 / Lutfi Noer Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perkembangan pembelajaran tari jaranan sambernyawa di sanggar guyubing budaya kota Blitar tahun 2000-2019 / Lutfi Noer Azizah

Azizah, Lutfi Noer (2021) Perkembangan pembelajaran tari jaranan sambernyawa di sanggar guyubing budaya kota Blitar tahun 2000-2019 / Lutfi Noer Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Azizah Lutfi Noer. 2020. Perkembangan Pembelajaran Tari Jaranan Sambernyawa di Sanggar Guyubing Budaya Kota Blitar Tahun 2000-2019. Skripsi. Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ninik Harini M.Sn. (II) Tutut Pristiati S.Sn. M Pd Kata Kunci Perkembangan Pembelajaran Tari Jaranan Sambernyawa Sanggar Guyubing Budaya Sanggar Guyubing Budaya merupakan sanggar Tari Jaranan yang terbesar di Kota Blitar. Sanggar ini telah banyak meraih prestasi baik dari tingkat kota maupun nasional. Keberhasilan yang diraih oleh Sanggar Guyubing Budaya dalam mengukir prestasi dikarenakan kegiatan pembelajaran yang efektif metode yang digunakan pelatih media dan sarana prasarana yang digunakan dalam setiap kegiatan pembelajaran. Beberapa aspek tersebut saling berkaitan dan terus mengalami perkembangan setiap tahunnya. Perkembangan pembelajaran yang dialami tersebut yang menjadikan Sanggar Guyubing Budaya tetap banyak diminati oleh masyarakat dan mencetak penari yang memiliki kualitas bagus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan pembelajaran yang terjadi di Sanggar Guyubing Budaya Kota Blitar tahun 2000-2019 sehingga sanggar ini dapat mencetak penari berkualitas bagus serta dapat meraih banyak prestasi dan tetap diminati oleh masyarakat luas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif peneliti mengamati secara langsung bagaimana kegiatan pembelajaran yang dilakukan di Sanggar Guyubing Budaya Kota Blitar. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara serta dokumentasi untuk mendapatkan informasi mengenai pembelajaran yang dilakukan di tahun sebelumnya. Data yang diperoleh dari beberapa narasumber kemudian di triangulasi untuk mendapatkan data yang valid. Pembelajaran yang dilakukan di Sanggar Guyubing Budaya Kota Blitar Mengalami perkembangan ditahun 2000-2005 dan 2005-2019 perkembangan pembelajaran yang telah terjadi di Sanggar Guyubing Budaya Kota Blitar memiliki dampak yang baik bagi siswa sanggar. Kemampuan menari siswa menjadi lebih baik karena mendapatkan penjelasan materi yang semakin baik perkembangan sarana dan prasarana juga menjadi salah satu faktor penunjang siswa belajar sehingga siswa dapat belajar dengan baik dan meraih banyak prestasidibidangnonakademikmereka. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Sanggar Guyubing Budaya Kota Blitar telah mengalami perkembangan pembelajaran dari tahun 2000-2019 mulai dari metode pembelajaran media pembelajaran hingga sarana prasarana yang digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Saran bagi mahasiswa diharapka dapat melanjutkan penelitian mengenai video pembelajaran untuk menunjang pembelajaran siswa saran bagi pelatih agar mengembangkan media dan metode belajar agar hasil belajar lebih maksimal bagi Sanggar Guyubing Budaya agar memperbaiki sarana prasarana untuk kegiatan belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193987

Actions (login required)

View Item View Item