Tari Jaranan sebagai materi terapi motorik kasar bagi pembelajaran siswa autis di Sekolah Luar Biasa Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang / Mokhamad Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Tari Jaranan sebagai materi terapi motorik kasar bagi pembelajaran siswa autis di Sekolah Luar Biasa Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang / Mokhamad Prasetyo

Prasetyo, Mokhamad (2020) Tari Jaranan sebagai materi terapi motorik kasar bagi pembelajaran siswa autis di Sekolah Luar Biasa Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang / Mokhamad Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Prasetyo Mokhamad. 2020. Tari Jaranan Sebagai Materi Terapi Motorik Kasar Bagi Pembelajaran Siswa Autis Di Sekolah Luar Biasa Autis Laboratorium Univeristas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Robby Hidajat M.Sn (II) Hartono S.Sn M.Sn. Kata Kunci Terapi Motorik Kasar Siswa Autis Tari jaranan. Tari Jaranan adalah bentuk tari tradisional yang berkembang di wilayah Jawa dan umunya difungsikan sebagai hiburan dan pertunjukan masyarakat pada acara tertentu. Namun berbeda dengan yang dilakukan oleh guru Sekolah Luar Biasa Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang. Dalam praktiknya guru sekolah itu mengalihfungsikan tari jaranan untuk materi dalam terapi Motorik Kasar siswanya. Hal ini berbeda dengan upaya penanganan lemahnya motorik kasar siswa autis pada lembaga lain yang cenderung mengarah pada olah tubuh dan olah raga. Peneliti menyadari bahwa perlu dilakukan pengkajian terhadap terapi menggunakan media seni tari yang dilakukan oleh guru di sekolah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui (1) Alasan tari jaranan dapat digunakan sebagai terapi motorik kasar Sekolah Luar Biasa Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang. (2) Analisis ragam gerak tari Jaranan pada terapi motorik kasar siswa Sekolah Luar Biasa Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan narasumber utama yaitu Ninik didukung dengan Dewi Luthfil dan Febrita dan peneliti sebagai instrumen utama dalam penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Prosedur analisis data yaitu data yang diperoleh kemudian direduksi selanjutnya disajikan dan terakhir disimpulkan. Demi menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi data. memecahkan masalah dalam penelitian ini menggunakan teori (Yuwono) Tentang Pemahaman untuk anak Autisme. Tahapan penelitian meliputi persiapan pelaksanaan dan penyusunan laporan. Hasil penelitian (1) Alasan Tari jaranan dipilih sebagai materi dalam terapi motorik kasar yaitu Sebagai Pengenalan Arah Mempermudah Pemahaman siswa Memperbaiki Kondisi Mood belajar Melatih Otot Propioseptif (2) Analisis Ragam Gerak Tari Jaranan pada Terapi Motorik Kasar Siswa yaitu Ragam gerak tari jaranan memiliki 7 Ragam Gerak yang meliputi 2 Gerak Lokomotor 6 Gerak Non-lokomotor atau stasioner dan 7 Gerak Manipulatif Stilasi amp Distorsi Movement. Kesimpulan penelitian ini yaitu alasan tari Jaranan diaplikasikan pada sekolah tersebut karena tari jaranan dianggap mampu dalam mengenalkan arah mempermudah pemahaman perubah mood melatih otot propioseptif anak autis dan hasilnya berupa ragam gerak tari jaranan yang terdiri dari 7 Ragam Gerak yang meliputi 2 Gerak Lokomotor 6 Gerak Non-lokomotor atau stasioner dan 7 Gerak Manipulatif atau Stilasi amp Distorsi Movement.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jul 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193977

Actions (login required)

View Item View Item