Proses pembelajaran seni tari di sanggar laras aji desa bulus kabupaten tulungagung / Wilis Kristin Yuanita - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses pembelajaran seni tari di sanggar laras aji desa bulus kabupaten tulungagung / Wilis Kristin Yuanita

Yuanita, Wilis Kristin Yuanita (2021) Proses pembelajaran seni tari di sanggar laras aji desa bulus kabupaten tulungagung / Wilis Kristin Yuanita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sanggar seni tari termasuk dalam pendidikan non formal yang digunakan oleh sekumpulan individu untuk melakukan kegiatan pembelajaran tentang seni tari dengan proses penularan dan tukar menukar pengalaman serta mengembangkan bakat. Sanggar Laras Aji adalah salah satu sanggar di Tulungagung yang banyak diminati masyarakat desa Bulus maupun luar desa Bulus. Sanggar ini memiliki sistem pembelajaran yang mempertahankan kualitas bentuk tari dengan benar dan biaya pendaftaran terjangkau dalam penguasaan materi lebih banyak. Prestasi yang diperoleh sanggar antara lain juara 2 tingkat umum di SMK Brawijaya Tulungagung juara 1 FA Production di Tulungagung juara 1 FA Production se Kabupaten Trenggalek juara umum se-Karesidenan Kediri juara umum tingkat Karesidenan Yogyakarta dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran seni tari di sanggar Laras Aji Desa Bulus Kabupaten Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Prosedur yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data di lapangan oleh Miles dan Huberman (flow model). Analisis data yang digunakan meliputi mereduksi data (data reduction) penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/ verification). Teknik pengecekan keabsahan temuan menggunakan teknik triangulasi (triangulasi sumber triangulasi teknik dan triangulasi waktu). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sanggar Laras Aji memberikan materi yang berbeda-beda pada setiap kelasnya. Perencanaan pembelajarannya terdiri dari rencana pembelajaran yang mengacu pada jadwal dan pembagian materi pada setiap kelasnya dengan memperhatikan tiga hal yaitu tujuan yang akan diwujudkan dalam memberikan pelayanan pendidikan seni tari kegiatan yang harus disertakan dalam kegiatan pendidikan seni tari kebutuhan belajar siswa fleksibilitas efektifitas dan efisiensi yang memiliki tujuan melestarikan seni tari dan pencapaian dan apresiasi serta evaluasi yang dilakukan pada akhir semester. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode demonstrasi dan metode drill sebagai proses pembelajaran serta metode pendalaman karakter sebagai penentu kelas dan kelompok belajar siswa. Evaluasi pembelajaran seni tari dengan melakukan penilaian dari hafalan peserta didik wiraga wirama dan wirasa yang diadakan setelah peserta didik menguasai tiap materi yang diujikan pada ujian harian dan akhir semester serta pagelaran seni tari yang dipentaskan setiap tahun atau akhir semester. Sanggar Laras Aji memberikan materi sesuai dengan pembagian kelas serta kemampuan peserta didik. Penelitian ini diharapkan dapat dilakukan penelitian selanjutnya serta lebih mendalam dan bagi sanggar Laras Aji penambahan metode pembelajaran dan juknis agar siswa lebih aktif dan mudah untuk menerima materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193964

Actions (login required)

View Item View Item