Pengembangan banner infografis untuk ruang koleksi I sebagai daya tarik dan memudahkan pengunjung siswa SMP mengenal Museum Brawijaya Malang / Husnun Anisah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan banner infografis untuk ruang koleksi I sebagai daya tarik dan memudahkan pengunjung siswa SMP mengenal Museum Brawijaya Malang / Husnun Anisah

Anisah, Husnun (2020) Pengembangan banner infografis untuk ruang koleksi I sebagai daya tarik dan memudahkan pengunjung siswa SMP mengenal Museum Brawijaya Malang / Husnun Anisah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Musuem Brawijaya adalah salah satu museum yang banyak menyimpan sejarah-sejarah pada masa penjajahan. Mulai dari barang-barang peninggalan para pahlawan kita saat berjuang melawan penjajah masih terawat dan terjaga rapi hingga saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah informasi yang efektif dan mordern di Museum Brawijaya Malang kemudain menghasilkan sebuah produk desain media berupa banner infografis untuk ruang koleksi I di Museum Brawijaya Malang dan menguji memvalidasi dan merevisi hasil produk infografis yang sudah dibuat. Dengan adanya media banner infografis ini bertujuan untuk menarik perhatian dan memudahkan pengunjung khususnya siswa SMP dalam mengenal Museum Brawijaya Malang. Media banner infografis ini di letakkan di depan pintu masuk ruang koleksi I di Museum Brawijaya Malang. Sehingga sebelum memasuki ruangan pengunjung dapat melihat gambaran isi dari ruang koleksi I ini terdapat apa saja didalamnya. Dengan demikian pengunjung dapat mengingat gambaran sejarah yang sedang terjadi pada setiap tahunnya yang ditampilkan dengan gambaran visual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan 5D (define data design develop dan disseminate) milik Moeljadi Pranata. Pada metode penelitian pengembangan 5D ini dari 5 tahap berhenti di tahap dissiminate. Karena media pengembangan yang dihasilkan ini berhenti di tahap penyempurnaan saja yaitu ditahap develop. Penelitian dan pengmbangan ini melibatkan uji validasi produk oleh ahli media dan ahli materi. Validator ahli media oleh dosen Sedesa UM yatitu Bapak Andreas Syah Pahlevi S.Sn M.Sn dan validator ahli materi yang oleh dosen Sejarah UM yaitu Bapak Dr. Dewa Agung Gede Agung M.Hum. Penelitian ini melibatkan siswa SMP Negeri 8 Malang dengan kouta sampel yang harus dipenuhi 4-4-4 dengan kouta pertama kelas VII kouta kedua kelas VIII dan kouta ketiga kelas IX. Dengan memberikan media infografis yang sudah dikembangkan dan beberapa pertanyaan yang ada didalam Google Form. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah produk media berupa banner infografis untuk ruang koleksi I di Museum Brawijaya Malang yang ditujukan khususnya bagi pengunjung SMP. Banner infografis ini berisis tentang isi dari ruang koleksi I yaitu barang-barang peninggalan muali dari tahun 1945 sampai dengan tahun 1949. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa dari hasil uji validasi dan data uji coba lapangan maka diperoleh persentase data sebesar 84 4% dari ahli media persentase data sebesar 87 9% dari ahli materi dan persentase data sebesar 93 5% dari subjek uji coba lapangan. Rata-rata persentase dari data keseluruhan yang diperoleh 88 6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media infografis yang dikembangkan ini sudah layak digunakan sebagai media penunjang wawasan untuk pengunjung Museum Brawijaya Malang. Pada penelitian dan pengembangan ini metode 5D yang telah dilakukan sampai ditahap penyempurnaan produk media yakni tahap develop.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193933

Actions (login required)

View Item View Item