Penciptaan karya seni lukis terinspirasi dari bencana banjir Jakarta / Ferdiana Nabila - Repositori Universitas Negeri Malang

Penciptaan karya seni lukis terinspirasi dari bencana banjir Jakarta / Ferdiana Nabila

Nabila, Ferdiana (2020) Penciptaan karya seni lukis terinspirasi dari bencana banjir Jakarta / Ferdiana Nabila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indonesia merupakan negara langganan bencana termasuk bencana banjir terutama di Jakarta yang sudah terjadi sejak tahun 1600 an hingga sekarang. Namun tahun ini 2020 merupakan banjir terparah Jakarta. Keprihatinan pencipta dengan fenomena banjir Jakarta ini sehingga dibuatlah judul ldquo Penciptaan Karya Seni Lukis Terinspirasi Dari Bencana Banjir Jakarta rdquo . Pencipta melukiskan keadaan Jakarta sehingga terjadi banjir berupa kondisi sebelum dan sesudah banjir. Ide dari penciptaan karya lukis ini adalah mengenai bencana banjir dengan tema banjir Jakarta konsep penciptaan karya seni lukis ini adalah bencana banjir Jakarta yang terjadi bukan karena kondisi dan fenomena alam saja namun juga karena ulah tangan manusia yang kurang peka terhadap lingkungannya. Penciptaan karya seni lukis ini menggunakan metode penciptaan dengan teori dari Alma Hawkins yang terdiri dari tiga tahapan yaitu Eksplorasi Improvisasi kemudian Pembentukan. Sehingga ditambahnya tahapan penyajian karya dalam metode ini agar hasil visualisasi dapat di apresiasai oleh masyarakat. Dengan menggunakan seni lukis corak dekoratif gaya pribadi proses visualisasi dapat diciptakan dengan bentuk-bentuk objek yang diolah menjadi gubahan dengan tambahan ornamen. Hasil dari penciptaan karya seni lukis ini adalah enam karya lukis dengan karakteristik karya terdapat objek menyerupai tangan manusia akan tampil sebagai objek yang menjadi ciri khas dalam setiap karya dengan objek pendukung lainnya seperti air tanah Tugu Monas sebagai ikon Jakarta sampah dan lain sebagainya menggunakan corak dekoratif. Teknik yang digunakan dalam pengerjaan lukisan adalah teknik blok plakat sapuan jari dan kolase kertas. Warna yang dihadirkan dalam lukisan ini adalah warna-warna tegas dengan dominasi gelap dan disertai outline tegas menggunakan spidol permanen. Kemudian keenam karya ini disajikan dalam bentuk pameran tidak seperti pameran pada umumnya karena dilakukan secara online berupa video tayangan pada media sosial karena pandemic covid-19 menyerang Indonesia yang terdapat anjuran pemerintah untuk tetap dirumah saja. Melalui penciptaan karya seni lukis ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarat selaku pemerhati seni. Dan bermanfaat untuk kebutuhan penciptaan karya seni lukis selanjutnya dengan dijadikan sumber bacaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193930

Actions (login required)

View Item View Item