Mesostichon dengan model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran bahasa Jerman kelas XI SMAN 1 Lawang / Khoirotul Ummah - Repositori Universitas Negeri Malang

Mesostichon dengan model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran bahasa Jerman kelas XI SMAN 1 Lawang / Khoirotul Ummah

Ummah, Khoirotul (2020) Mesostichon dengan model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran bahasa Jerman kelas XI SMAN 1 Lawang / Khoirotul Ummah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas dan respons peserta didik terhadap penerapan Mesostichon dengan model pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran karya sastra sesuai KD 3.5 dan 4.5 kelas XI IBB SMAN 1 Lawang dengan jumlah anggota 36 peserta didik. Tema yang digunakan adalah Familie dengan sub tema Familienfest dan proyek yang dihasilkan berupa Einladungskarte (kartu undangan) atau Wunschkarte (kartu ucapan) berbentuk puisi sederhana menggunakan Mesostichon. Pembelajaran dilaksanakan secara daring karena adanya pandemi COVID-19 sehingga penelitian dilakukan dengan menggunakan Google Classroom Google Meet dan WhatsApp Group. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Terdapat dua teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi dan wawancara. Instrumen pendukung pada penelitian ini adalah lembar observasi dan pedoman wawancara sebagai alat untuk mengumpulkan data. Data pertama diperoleh dari aktivitas peserta didik yang dapat dilihat dari lembar observasi yang telah diisi oleh observer saat proses pembelajaran berlangsung sedangkan respons peserta didik terhadap pembelajaran dapat diketahui dari hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan peserta didik setelah pembelajaran selesai. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan saat proses pembelajaran bahasa Jerman mendapatkan hasil yang positif. Peserta didik menerapkan secara maksimal ide kreativitas dan kemampuan menulisnya. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil karya yang dibuat yaitu sesuai dengan ciri-ciri dan karakteristik yang dimiliki oleh Mesostichon serta penerapan model pembelajaran berbasis proyek mendukung pembelajaran mandiri sedangkan respons yang diberikan peserta didik termasuk dalam kategori baik. Penerapan Mesostichon dengan model pembelajaran berbasis proyek dapat menambah motivasi belajar dan minat peserta didik. Sesuai dengan hasil wawancara dengan peserta didik bahwa pembelajaran berbasis proyek tidak membosankan meningkatkan aktivitas dan motivasi peserta didik dalam belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193903

Actions (login required)

View Item View Item