Interprestasi puisi stufen karya Hermann Hesse berdasarkan pendekatan strukturalisme genetik / Ega Karima - Repositori Universitas Negeri Malang

Interprestasi puisi stufen karya Hermann Hesse berdasarkan pendekatan strukturalisme genetik / Ega Karima

Karima, Ega (2020) Interprestasi puisi stufen karya Hermann Hesse berdasarkan pendekatan strukturalisme genetik / Ega Karima. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Karima Ega. 2020. Interpretasi Puisi Stufen Karya Hermann Hesse Berdasarkan Pendekatan Strukturalisme Genetik. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr.Drs. Herri Akhmad Bukhori M.A. M. Hum. Kata Kunci Puisi Stufen Strukturalisme Genetik Puisi memiliki bahasa yang padat dan kaya akan makna. Oleh karena itu dibutuhkan interpretasi untuk mengetahui maksud yang ingin disampaikan oleh penyair. Penelitian ini menginterpretasikan puisi berjudul Stufen karya Hermann Hesse berdasarkan pendekatan strukturalisme genetik. Analisis karya sastra ini meliputi struktur intrinsik dan faktor genetik. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) keterjalinan unsur intrinsik pada puisi Stufen (2) latar belakang kehidupan sosial pengarang yaitu Hermann Hesse (3) kondisi sosial dan sejarah yang melatarbelakangi penciptaan puisi Stufen. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data adalah puisi Stufen yang diambil dari kumpulan puisi karya Hermann Hesse yang kemudian kumpulan puisi tersebut diterjemahkan oleh Bertold Damh auml user dan Agus R. Sardjono dengan judul ldquo Cuma Sewangi Seangin Lalu rdquo jurnal dan artikel-artikel dari Internet. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa pemaparan baris dan bait yang terdapat pada puisi. Instrumen pada penelitian ini adalah peneliti sendiri yang bertugas untuk mengumpulkan data dan menganalisis puisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterjalinan antarunsur ditunjukkan pada setiap bait membentuk pola rima dan setiap baris yang terdiri dari kata-kata terdapat metrum sehingga menciptakan penekanan nada yang mempengaruhi keindahan saat pembacaan puisi. Dalam keseluruhan puisi terdapat berbagai macam gaya bahasa untuk memperkaya makna pada puisi (2) latar belakang kehidupan sosial Hermann Hesse yang dibesarkan ditengah keluarga yang taat terhadap agama dan keputusan Hesse muda untuk menjadi penyair membawa dirinya melewati banyak hal termasuk mengalami dua kali krisis kejiwaan selama hidupnya (3) kondisi sosial dan sejarah yang melatarbelakangi penciptaan puisi Stufen adalah perang dunia kedua dan sastrawan yang terpaksa meninggalkan Jerman akibat kekuasaan rezim Nazi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193884

Actions (login required)

View Item View Item