Pengembangan buku elektronik (e-book) cerita bergambar untuk pembelajaran bahasa Jerman kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang / Syamsiatur Rohma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku elektronik (e-book) cerita bergambar untuk pembelajaran bahasa Jerman kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang / Syamsiatur Rohma

Rohma, Syamsiatur (2020) Pengembangan buku elektronik (e-book) cerita bergambar untuk pembelajaran bahasa Jerman kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang / Syamsiatur Rohma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan adalah untuk mengembangkan e-book cerita bergambar. E-book cerita bergambar dikembangkan untuk melatih keterampilan membaca bahasa Jerman siswa. E-book berukuran setara dengan kertas A4 (21 0 cm x 29 7 cm) dan disimpan dalam format pdf serta dapat diakses melalui aplikasi WPS Office yang ada di Smartphone. Materi yang dipelajari dalam e-book ini yaitu materi Kennenlernen/perkenalan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Borg dan Gall dan telah dimodifikasi oleh peneliti. Tahapan pengembangan Borg dan Gall yang telah dimodifikasi oleh peneliti yaitu 1) penelitian dan pengumpulan data 2) perencanaan dan pengembangan draf produk 3) validasi ahli 4) revisi hasil validasi ahli 5) uji coba lapangan dan 6) revisi produk akhir. Penelitian dilakukan guna mengetahui respon siswa terhadap produk e-book cerita bergambar yang telah dikembangkan. Subjek uji coba pada penelitian yaitu siswa kelas X MAN 1 Kota Malang yang sedang menempuh semester ganjil. Data yang diperoleh pada penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Kedua data tersebut diperoleh dari hasil validasi ahli dan hasil uji coba lapangan. Data kualitatif berupa komentar saran maupun kritik yang diisi oleh para ahli dan observer yang dianalisis secara deskriptif sedangkan data kuantitatif diperoleh dari penilaian pada lembar angket ahli materi dan ahli media. Dari hasil validasi ahli media yang telah dilakukan didapatkan hasil kelayakan produk sebesar 80% sedangkan hasil validasi ahli materi memperoleh hasil kelayakan produk sebesar 80%. Berdasarkan kriteria tingkat validitas dapat disimpulkan bahwa produk e-book cerita bergambar termasuk dalam tingkat sangat valid atau layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Sementara itu hasil pengisian lembar observasi dan angket respon siswa oleh observer pada kegiatan uji coba lapangan diperoleh hasil bahwa media yang dikembangkan menarik dan dapat membantu siswa melatih keterampilan membaca bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193879

Actions (login required)

View Item View Item