Penerapan permainan schiller sagt tema alltagsleben untuk melatih keterampilan menyimpan siswa kelas XI SMAN 8 Malang / Rori Sanadata - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan permainan schiller sagt tema alltagsleben untuk melatih keterampilan menyimpan siswa kelas XI SMAN 8 Malang / Rori Sanadata

Sanadata, Rori (2020) Penerapan permainan schiller sagt tema alltagsleben untuk melatih keterampilan menyimpan siswa kelas XI SMAN 8 Malang / Rori Sanadata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sanadata Rori. 2020. Penerapan Permainan ldquo Schiller Sagt ldquo Tema Alltagsleben untuk Melatih Keterampilan Menyimak Siswa Kelas XI SMAN 8 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Tiksno Widyatmoko M.A. Kata kunci Permainan Permainan Schiller Sagt Keterampilann Menyimak Tema Alltagsleben Verba. Schiller sagt merupakan salah satu permainan yang dapat digunakan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Permainan tersebut dapat digunakan khususnya untuk membantu siswa dalam melatih keterampilan menyimak verba pada tema Alltagleben. Permainan Schiller sagt diterapkan pada saat materi telah dijelaskan oleh guru. Schiller sagt memiliki enam tahapan permainan yang terdiri dari mengumpulkan pemain menentukan seseorang untuk menjadi Schiller memahami peran Schiller memahami peran pendengar memberikan perintah sebagai Schiller dan memulai permainan baru. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan proses penerapan permain Schiller sagt serta mengetahui respons siswa dalam pembelajaran bahasa Jerman pada tema Alltagsleben di SMAN 8 Malang. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah 29 siswa kelas XI MIPA-4 SMAN 8 Malang. Pengumpulan data diperoleh dari dua instrumen penelitian yaitu lembar observasi dan lembar kuesioner Hasil yang didapat dari lembar obsevasi menunjukkan bahwa dengan adanya pemainan Schiller sagt siswa merasa terbantu dalam pembelajaran bahasa Jerman dan lebih aktif dalam pembelajaran. Begitu juga dengan hasil kuesioner permainan ini dapat membantu siswa dalam mengasah keterampilan menyimak pada tema Alltagsleben khususnya pada verba. Siswa menunjukkan respons positif selama pembelajaran bahasa Jerman dengan menggunakan permainan Schiller sagt. Berdasarkan uraian di atas permainan Schiller sagt dapat dijadikan sebagai pilihan metode pembelajaran bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193874

Actions (login required)

View Item View Item