Analisis isi buku teks bahasa arab al-qur'an "pintar bahasa arab al-qur'an" karya salman harun / Mochammad Abdul Hafidz - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis isi buku teks bahasa arab al-qur'an "pintar bahasa arab al-qur'an" karya salman harun / Mochammad Abdul Hafidz

Hafidz, Mochammad Abdul Hafidz (2021) Analisis isi buku teks bahasa arab al-qur'an "pintar bahasa arab al-qur'an" karya salman harun / Mochammad Abdul Hafidz. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Buku ldquo Pintar Bahasa Arab Al-Qur rsquo an rdquo karya Prof. Dr. H. Salman Harun merupakan suatu buku yang memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan dengan buku-buku yang lain. Dikarenakan dalam buku tersebut kita akan mendapatkan dua keilmuwan sekaligus yaitu tentang bahasa Arab dan memahami makna ayat Al-Qur rsquo an. Akan tetapi justru buku tersebut jarang ditemukan di lapangan bahkan juga belum ditemukan tulisan ilmiah yang membahas buku tersebut. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana isi materi buku tersebut mulai dari bahasa yang digunakan keterampilan bahasa dan pembelajaran nahwu. Metode analisis isi konten digunakan dalam penelitian ini. Data dan sumber data adalah materi buku teks tersebut. Peneliti sendiri menjadi instrumen dalam penelitian ini dibantu dengan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini merupakan data kualitatif dan bersandar pada teori Thu rsquo aimah. Hasil penelitian meliputi (1) Bahasa arab yang disajikan adalah bahasa Arab fusha dengan pengantar bahasa Indonesia. (2) Keterampilan berbahasa yang disajikan terbatas pada keterampilan membaca saja. (3) Dan untuk pembelajaran nahwu sudah memenuhi beberapa aspek yaitu pembelajaran gramatikal bahasa yang sudah merata di setiap babnya tingkatan level tema nahwu yang diajarkan yaitu tingkatan lsquo umdah dan fadllah. Kemudian adanya penggunaan istilah ketatabahasaan bahasa arab metode pengajaran nahwu yang menggunakan metode induktif dan tugas struktur bahasa juga disajikan di setiap bab. Akan tetapi ada juga bagian yang belum memenuhi yaitu bagian kapan dimulainya pembelajaran nahwu dan pada bagian penggunaan istilah bahasa asing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193858

Actions (login required)

View Item View Item