Puisi "kitabul hubb" karya Nizar Qabbani: tinjauan ilmu badi' / Venny Nur Hidayah Nadzifa - Repositori Universitas Negeri Malang

Puisi "kitabul hubb" karya Nizar Qabbani: tinjauan ilmu badi' / Venny Nur Hidayah Nadzifa

Nadzifa, Venny Nur Hidayah (2020) Puisi "kitabul hubb" karya Nizar Qabbani: tinjauan ilmu badi' / Venny Nur Hidayah Nadzifa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Puisi merupakan salah satu hasil karya sastra yang unik. Di dalamnya mengandung unsur estetis diantaranya keselarasan kata dan makan dan keindahan irama. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan unsur-unsur badi rsquo berupa muhassinat maknawiyah dan muhassinat lafdziyah dalam puisi romansa berjudul ldquo Kitabul Hubb rdquo karya Nizar Qabbani dan mendeskripsikan peranan muhassinat tersebut dalam membangun keindahan puisi dimaksud. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif analisis wacana yang memperlihatkan motivasi tersembunyi sebuah teks. Sedangkan metode pengumpulan datanya adalah teknik baca dan catat untuk mengungkap suatu masalah yang terdapat di dalam suatu bacaan atau wacana. Dalam puisi ldquo Kitabul Hubb rdquo karya Nizar Qabbani ditemukan 89 muhassinat dengan perincian 30 Muhassinat Maknawiyah (Tauriyah 11 data Thibaq 5 data Mubalaghah 10 data dan Husnu at-Ta rsquo lil 4 data) dan 59 Muhassinat Lafdziyah (Jinas 4 data Saja rsquo 38 data Muwazanah 7 data dan Raddu Ajzi lsquo Alas Shadr 10 data). Muhassinat maknawiyah berperan menghadirkan makna yang kuat melalui permainan kata pertentangan makna dan hiperbola. Adapun muhassinat lafdziyah pada puisi ini berperan menarik perhatian pembaca melalui keselarasan kalimat dan irama di setiap stanza.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193852

Actions (login required)

View Item View Item